Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Belajar untuk PJJ | CerisTekno

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Belajar untuk PJJ

2 min read

cara mendapatkan kuota internet

Hai, Gengs! Pada era normal baru, pemerintah Indonesia masih terus melakukan pendistribusian bantuan untuk masyarakat baik berupa uang, barang, maupun non barang seperti kuota internet untuk belajar. Bantuan kuota belajar dimanfaatkan untuk PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) selama masa pandemi. Bantuan ini khusus untuk pelajar, mulai dari jenjang PAUD sampai Perguruan Tinggi. Nanti, saya akan bagikan Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet untuk PJJ juga supaya lebih lengkap.

Flashback beberapa bulan yang lalu sebelum kenaikan kelas yaitu saat Yasmin masih PAUD, saya pernah mendapatkan bantuan kuota belajar untuk PJJ. Kalau tidak salah ingat, saya mendapatkan bantuan kuota internet  senilai 1 GB per bulan. Bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan hasil PJJ atau mencari dan mengunduh materi tambahan untuk anak-anak supaya makin betah belajar dari rumah.

PJJ versi Anak PAUD

Btw, PJJ versi anak PAUD, tuh, anak-anak diberi tugas oleh guru, satu hari dua tugas. Membantu orang tua dan menebalkan huruf, misalnya. Setelah tugas selesai,  orang tua wajib mengirimkan hasil belajarnya. Saat itu, anak-anak juga diminta untuk belajar melalui channel TVRI. Sementara sebagian besar masyarakat yang hidup desa tidak dapat mengakses acara tersebut karena minimnya signal. Menonton dengan cara streaming pun menjadi salah satu cara untuk dapat mengikuti materi. Namanya streaming pasti butuh jaringan internet, kan. Kebayang kalau orang tua tidak mempunyai kuota internet, anak tidak bisa mendapatkan materi pelajaran tambahan dari channel TVRI.

| Baca Juga!  Beli Smartphone Murah, Pertimbangkan Hal-hal Berikut Ini!

Pun dengan Guru atau Dosen yang mana mereka juga wajib memberikan tugas kepada murid atau mahasiswa melalui daring. Membutuhkan kuota internet juga tiap harinya. Meski sudah menjadi kewajibannya, tapi pemerintah tetap memberikan bantuan kuota kepada mereka.

cara mendapatkan kuota internet

Bantuan Kuota Internet untuk Pelajar.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan beberapa kebijakan  terkait KBM (kegiatan belajar mengajar) selama masa pandemi. Sebagai solusinya, KBM tetap dilakukan namun dengan cara daring atau PJJ. Karena ada kebijakan tersebut, tentu Kemendikbud tidak bisa lepas tangan begitu saja karena ini termasuk program pemerintah. Yups, setelah meniadakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan mengalihkan ke PJJ yang membutuhkan fasilitas berupa kuota internet yang memiliki koneksi internet lancar, Kemendikbud memberikan bantuan kota belajar untuk pelajar supaya anak-anak tetap betah belajar dari rumah.

Kebayang ngga, sih, ketika anak-anak harus belajar di rumah dan orang tua tidak bisa memfasilitasi jaringan internet sementara pembelajaran dilakukan secara online. Pasti anak-anak bete dan bisa jadi malas belajar. Nah, sejalan dengan ketentuan dari Kemendikbud, bantuan kuota internet dibagi menjadi dua jenis yakni Kuota Internet All Access yang bisa digunakan mengakses semua aplikasi dan Kuota Belajar yang hanya bisa dipakai mengakses situs serta aplikasi pembelajaran yang ditetapkan pemerintah. Aplikasi yang bisa diakses menggunakan Kuota Belajar dapat dicek melalui http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id

| Baca Juga!  Harbolnas di Bli Bli Apa Saja Ya Isinya!

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Belajar.

Ngomongin bantuan kuota internet, pasti banyak yang demen, nih. Apalagi kalau bantuannya, tuh, dalam jumlah besar, orang tua pasti merasa terbantu karena pengeluaran untuk paket data selular selama masa pandemi, tuh, termasuk pengeluaran primer dengan jumlah yang lumayan besar. Kali ini ada provider Smartfren menyatakan siap berkontribusi dalam program Kuota Belajar bagi Siswa, Guru, dan Dosen.

Yups, Smartfren bagi-bagi kuota belajar sebagai pendukung kegiatan PJJ.  Bantuan kuota internet tersebut dikirimkan untuk periode 4 bulan, yakni September sampai dengan Desember 2020 untuk seluruh nomor prabayar maupun pasca bayar Smartfren sesuai ketentuan bantuan kuota internet yang ditetapkan pemerintah. Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?

  • Aktifkan nomer Smartfren.
  • Daftarkan nomernya melalui sekolah dan gunakan di jaringan Smartfren yang sudah 100% 4G.
  • Pelanggan yang telah mendapatkan bantuan Kuota Belajar bagi Siswa, Guru dan Dosen tersebut akan mendapatkan notifikasi SMS.

  • Kuota yang sudah disalurkan bisa dicek dengan mudah melalui aplikasi mySmartfren maupun USSD.
| Baca Juga!  Apa Itu Speaker Aktif dan Bagaimana Sistemnya?

Bantuan kuota internet

Besaran Bantuan Kuota Belajar untuk PJJ.

Nah, buat para pelajar yang sudah mempunyai nomor Smartfren dapat mendaftarkan nomornya ke pihak sekolah untuk mendapatkan bantuan kuota internet dari Smartfren. Sementara pelajar yang  belum mempunyai nomor Smartfren dan ingin mendapatkan nomor Smartfren, silakan menghubungi pihak sekolah atau call center Smartfren 888.

Program bantuan kuota internet dari pemerintah ini akan diberikan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah; dengan besaran kuota per bulan sebagai berikut:

  • Siswa PAUD (TK) : 5GB kuota internet all access + 15GB kuota belajar  (Total 20GB)
  • Siswa SD-SMA/setara : 5GB kuota internet all access + 30GB kuota belajar  (Total 35GB)
  • Guru : 5GB kuota internet all access + 37GB kuota belajar (Total 42GB)
  • Mahasiswa/Dosen : 5GB kuota internet all access + 45GB kuota belajar (Total 50GB)

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Belajar untuk PJJ sangat mudah, bukan? Kegiatan belajar dan mengajar akan berjalan optimal, baik dengan menggunakan aplikasi konferensi video, chatting, maupun telepon. Tetap semangat belajar, ya, meskipun dilakukan dari jarak jauh!! Seperti Kecemutku yang terus semangat belajarnya di rumah. 😉

23 Replies to “Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Belajar untuk PJJ”

  1. Butuh banget tambahan kuota gratis buat PJJ apalagi yanbg punya anak lebih dari satu soalnya semuanya serba online nih. Nomorku sudah aktif juga nih dan dapat kuota belajar juga

  2. Informasi penting nih mbk, apalagi fasilitas untuk dosen, guru dan siswa. Soalnya suami saya dosen, selama ini beliau pakai kuota pribadi. Lumayan bengkak uang kuota, ntar saya xb suruh beliau cb daftar

  3. Kalau anak2ku dapat simcard baru karena sekolahnya mendaftarkan gitu kyknya. Kalau yang dapat smartfren yang anakku TK, tp sebenarnya jg gak terlalu terpakai krn kami pakai wifi di rumah, mungkin nanti aku kembalikan saja ke sekolah atau berikan ke teman yang butuh kuota. Tp ya alhamdulillah ya pemerintah kerja sama dengan provider2 ini shg yg ada keterbatasan kuota terbantu

  4. Saya juga sudah dapat kuota internet untuk PJJ. Karena nomor saya pemberitahuannya melalui sms, sementara saya jarang banget buka sms, tiba-tiba kaget karena pas ngecek kuota kok ada 20GB. Ternyata itu bantuan untuk belajar.

  5. Bantuan kuotanya banyak banget, Daaaah. Ini mah membantu sekali. Apalagi kalau belajarnya harus streaming atau zoom-an yang butuh banyak kuota biar on terus.

  6. wah klo ada bantuan kuota, bikin pjj makin lancar ya mbak….kan emang kuota itu kebutuhan primer saat pjj

  7. Alhamdulillah ya sekarang ada bantuan kuota belajar seperti yang diberikan Smartfren ini jadinya lebih mudah bagi para siswa untuk PJJ.

  8. Alhamdulillah, terbantu banget nih subsidi paket data untuk anak-anak belajar karena sekarang pakai zoom dkk yang butuh kuota banyak

  9. Wuah..ini kemaren yang jadi kegelisahan para pelajar, cara mendapatkan bantuan kuota utk PJJ
    Dengan adanya program ini setidaknya bisa membantu proses belajar mengajar

  10. Aku bingung nih gimana pemakaian bantuan kuota pjj ini.
    Awak2 aku coba kliam utk anakku yg sulung.
    To ternyata ga bisa tuh…
    Kuota gratisan itu ga berkurang smp akhirnya masa 1 bulan…
    Pdhal anakku online terus belajarnya…
    Yg kepake kuota biasa dan akhirnya balik ke Wifi
    Ternyata hanya bs digunakan utk aplikasi yg ditentukan pemerintah ya. Sementara di skeolah anakku pake aplikasi yg lain

  11. Alhamdulillah saya sudah menikmati bantuan kuota internet ini, bahkan saya juga sudah mebagi-bagikan kartu/kuota internet kepada siswa-siswi saja secara gratis

  12. waaaah mau bangeet nih mba dapet bantuan kuota untuk pembelajaran jarak jauh. Kayaknya Si Bo dapat dari sekolahnya, SMA Alazka. Si Obi nih yang belum tau.. aku belum cek sih

  13. Alhamdulillah saya sudah dapat 2 kali Mbak. Meskipun kalau di rumah pakai wifi tapi lumayan juga kalau pas keluar rumah. Jaringannya juga kenceng, mayan juga Emak numpang ngolshop

  14. Wah, bantuan seperti ini memang sangat membantu ya Mbak untuk PJJ, yang bahkan untuk keponakanku yang masih paud dan anakku yang masih TK pun juga ikut pembelajaran daring.

  15. Ini ini alhamdulillah jadi agak ringan banget kemarin aku sempet bingung soalnya isi pulsa seminggu sdh habis dipakai anak2 daring

  16. Alhamdulillah banget dengan adanya bantuan kuota internet ini, sebagai orangtua jadi berasa lebih ringan bebannya ya maaak.. Mayan 35GB buat sebulan yaaa

  17. Alhamdulillah.
    Ada provider yang menyediakan kuota dengan jumlah lumayan besar agar pembelajaran jarak jauh selama ini bisa berjalan lancar.
    Smarfren keren.

  18. Bantuan kuota belajar ini emang sangat membantu ya dalam penyelenggaraan kegiatan belajar online. Walau udah agak terlambat, tapi salut juga buat kemdikbud yang telah merangkul provider untuk bisa memberi bantuan kuota belajar

  19. Alhamdulillah ya ada bantuan kota tentunya akan bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan semangat terus belajar darinya di rumah

  20. Alhamdullikah ya dapat nantuan kuota belajar. Tapi anaku belum dapat nih, kayaknya mau di kasih dari pihak sekolah juga sesuai dengan provider yang kita gunakan

  21. wah aku baru tahu kalau ada kuota pelajar untuk anak paud juga. ini sim card hpku juga udah ada kuota pelajar secara tiba-tiba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *