Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet untuk PJJ | CerisTekno

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet untuk PJJ

2 min read

cara mendapatkan kuota internet

Hai, Gengs! Pada era normal baru, pemerintah Indonesia masih terus melakukan pendistribusian bantuan untuk masyarakat baik berupa uang, barang, maupun non barang seperti kuota internet untuk belajar. Bantuan kuota internet dimanfaatkan untuk PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) selama masa pandemi. Bantuan ini khusus untuk pelajar, mulai dari jenjang PAUD sampai Perguruan Tinggi. Nanti, saya akan bagikan Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet untuk PJJ juga supaya lebih lengkap.

Flashback beberapa bulan yang lalu sebelum kenaikan kelas yaitu saat Yasmin masih PAUD, saya pernah mendapatkan bantuan kuota internet untuk PJJ. Kalau tidak salah ingat, saya mendapatkan bantuan kuota internet  senilai 1 GB per bulan. Bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan hasil PJJ atau mencari dan mengunduh materi tambahan untuk anak-anak supaya makin betah belajar dari rumah.

PJJ versi Anak PAUD

Btw, PJJ versi anak PAUD, tuh, anak-anak diberi tugas oleh guru, satu hari dua tugas. Membantu orang tua dan menebalkan huruf, misalnya. Setelah tugas selesai,  orang tua wajib mengirimkan hasil belajarnya. Saat itu, anak-anak juga diminta untuk belajar melalui channel TVRI. Sementara sebagian besar masyarakat yang hidup desa tidak dapat mengakses acara tersebut karena minimnya signal. Menonton dengan cara streaming pun menjadi salah satu cara untuk dapat mengikuti materi. Namanya streaming pasti butuh jaringan internet, kan. Kebayang kalau orang tua tidak mempunyai kuota internet, anak tidak bisa mendapatkan materi pelajaran tambahan dari channel TVRI.

| Baca Juga!  Review REMAX RM 502

Pun dengan Guru atau Dosen yang mana mereka juga wajib memberikan tugas kepada murid atau mahasiswa melalui daring. Membutuhkan kuota internet juga tiap harinya. Meski sudah menjadi kewajibannya, tapi pemerintah tetap memberikan bantuan kuota kepada mereka.

cara mendapatkan kuota internet

Bantuan Kuota Internet untuk Pelajar.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan beberapa kebijakan  terkait KBM (kegiatan belajar mengajar) selama masa pandemi. Sebagai solusinya, KBM tetap dilakukan namun dengan cara daring atau PJJ. Karena ada kebijakan tersebut, tentu Kemendikbud tidak bisa lepas tangan begitu saja karena ini termasuk program pemerintah. Yups, setelah meniadakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan mengalihkan ke PJJ yang membutuhkan fasilitas berupa kuota internet yang memiliki koneksi internet lancar, Kemendikbud memberikan bantuan kota internet untuk pelajar supaya anak-anak tetap betah belajar dari rumah.

Kebayang ngga, sih, ketika anak-anak harus belajar di rumah dan orang tua tidak bisa memfasilitasi jaringan internet sementara pembelajaran dilakukan secara online. Pasti anak-anak bete dan bisa jadi malas belajar. Nah, sejalan dengan ketentuan dari Kemendikbud, bantuan kuota internet dibagi menjadi dua jenis yakni Kuota Internet All Access yang bisa digunakan mengakses semua aplikasi dan Kuota Belajar yang hanya bisa dipakai mengakses situs serta aplikasi pembelajaran yang ditetapkan pemerintah. Aplikasi yang bisa diakses menggunakan Kuota Belajar dapat dicek melalui http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id

| Baca Juga!  Harbolnas di Bli Bli Apa Saja Ya Isinya!

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet untuk PJJ.

Ngomongin bantuan kuota internet, pasti banyak yang demen, nih. Apalagi kalau bantuannya, tuh, dalam jumlah besar, orang tua pasti merasa terbantu karena pengeluaran untuk paket data selular selama masa pandemi, tuh, termasuk pengeluaran primer dengan jumlah yang lumayan besar. Kali ini ada provider Smartfren menyatakan siap berkontribusi dalam program Kuota Belajar bagi Siswa, Guru, dan Dosen.

Yups, Smartfren bagi-bagi kuota belajar sebagai pendukung kegiatan PJJ.  Bantuan kuota internet tersebut dikirimkan untuk periode 4 bulan, yakni September sampai dengan Desember 2020 untuk seluruh nomor prabayar maupun pasca bayar Smartfren sesuai ketentuan bantuan kuota internet yang ditetapkan pemerintah. Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?

  • Aktifkan nomer Smartfren.
  • Daftarkan nomernya melalui sekolah dan gunakan di jaringan Smartfren yang sudah 100% 4G.
  • Pelanggan yang telah mendapatkan bantuan Kuota Belajar bagi Siswa, Guru dan Dosen tersebut akan mendapatkan notifikasi SMS.

  • Kuota yang sudah disalurkan bisa dicek dengan mudah melalui aplikasi mySmartfren maupun USSD.
| Baca Juga!  Pernah Melakukan Kesalahan Memilih Remote TV Toshiba

Bantuan kuota internet

Besaran Bantuan Kuota Internet untuk PJJ.

Nah, buat para pelajar yang sudah mempunyai nomor Smartfren dapat mendaftarkan nomornya ke pihak sekolah untuk mendapatkan bantuan kuota internet dari Smartfren. Sementara pelajar yang  belum mempunyai nomor Smartfren dan ingin mendapatkan nomor Smartfren, silakan menghubungi pihak sekolah atau call center Smartfren 888.

Program bantuan kuota internet dari pemerintah ini akan diberikan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah; dengan besaran kuota per bulan sebagai berikut:

  • Siswa PAUD (TK) : 5GB kuota internet all access + 15GB kuota belajar  (Total 20GB)
  • Siswa SD-SMA/setara : 5GB kuota internet all access + 30GB kuota belajar  (Total 35GB)
  • Guru : 5GB kuota internet all access + 37GB kuota belajar (Total 42GB)
  • Mahasiswa/Dosen : 5GB kuota internet all access + 45GB kuota belajar (Total 50GB)

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet untuk PJJ sangat mudah, bukan? Kegiatan belajar dan mengajar akan berjalan optimal, baik dengan menggunakan aplikasi konferensi video, chatting, maupun telepon. Tetap semangat belajar, ya, meskipun dilakukan dari jarak jauh!! Seperti Kecemutku yang terus semangat belajarnya di rumah. 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *