Penting Belajar Copywriting | CerisTekno

Penting Belajar Copywriting

2 min read

Belajar Copywriting

Penting Belajar Copywriting – Kebutuhan akan gadget untuk masa pandemi makin meningkat. Mungkin sama halnya dengan pembelian paket internet, khususnya bagi orang tua yang memiliki anak dan masih sekolah. Gadget yang dalam hal ini adalah Smartphone, Laptop, dan paket data internet adalah satu kesatuan untuk memperlancar proses belajar yang dilakukan secara daring. Maka tidak heran jika banyak brand smartphone dan juga provider terus meningkatkan iklan mereka baik di sosial media maupun teve.

Banyak inovasi yang telah dibuat dalam mengiklankan produk. Tujuannya tentu supaya makin banyak pelanggan yang membelinya. Foto dan bahasa yang digunakan pun begitu menarik, calon pembeli yang tadinya tenang, tidak peduli, merasa aman karena yakin tidak tergoda, tiba-tiba menjadi tergerak meski sekadar melihat-lihat, gitu.

Yups! saat posisi sedang tidak membutuhkan sesuatu, hasrat belanja pun tidak ada, tapi kondisi dompet sedang tebal, ini bisa menjadi salah satu target korban iklan. 😀 Iya, saat sedang asyik scroll Instagram, di beranda muncul banyak iklan yang menarik. Mulai dari gambar yang bagus, lalu didukung dengan bahasa iklan atau copywriting yang menarik, rasa ingin meng-klik tombol shop now pun muncul. Kalau enggak langsung belanja, minimal kepo-kepo lah. 😆

| Baca Juga!  Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Konten

Mereka yang punya usaha, lalu dikepoin produk-produknya biasanya ada rasa bahagia. Meski tidak membelinya, tapi setidaknya produk yang mereka tawarkan ada yang melihatnya. Ya bagaimana tidak, sudah cari perhatian maksimal, tapi tidak ada yang melihat produknya, kan, sedih. 🙁  Kalau sudah merasa beriklan maksimal tapi belum juga ada orang yang tertarik untuk melihatnya, berarti ada yang harus diperbaiki dari cara promosi produk.

Belajar Copywriting

Promosi produk ini gampang-gampang susah. Selain harus tepat target pasarannya, bahasa yang digunakannya pun menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dan menyesuaikan dengan target pasaran juga. Beriklan yang ditujukan untuk anak muda tentu akan beda dengan pangsa pasar orang tua, kan. 😛

Btw, tidak sedikit pelaku usaha online yang barangnya banyak terjual karena kalimat yang digunakan untuk promosi sukses menarik perhatian calon pembeli. FYI, untuk bisa membuat iklan yang menarik, tuh, tidak mudah. Perlu belajar dan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi kalau otodidak dan memang belum punya dasar membuat iklan yang menarik, akan lebih lama lagi. Namun untuk hal yang penting ini, ada baiknya belajar untuk menambah kemampuan, gitu.

| Baca Juga!  Begini Cara Mendapatkan Smartfren Rejeki WOW

Rekomendasi untuk belajar membuat bahasa iklan yang menarik, mulai dari soft sampai hard, bisa dipelajari melalui online, lho. Iya, di situs milik Skill Academy by Ruangguru, ada paket belajar copywriting di sana.

Apa Itu Copywriting.

Copywriting adalah pekerjaan menulis teks untuk tujuan periklanan atau bentuk pemasaran lainnya. Sebagai Blogger, saya pernah menulis untuk tujuan mengiklankan produk. Namun saya merasa bahwa apa yang saya kerjakan masih jauh dari teknik copywriting. Bahasa yang saya gunakan masih belum menarik padahal target saya adalah meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang saya review. Artinya, penting banget untuk belajar copywriting, bukan? 😉

Penting Belajar Copywriting.

Dikutip dari website Skill Academy, bahwa iklan dapat mempengaruhi pikiran serta sisi emosional untuk melakukan pembelian atau tindakan lainnya. Sayangnya, nih, membuat iklan yang powerfull dan juga menarik perhatian tidak mudah. Makanya penting belajar copywriting khususnya bagi kamu yang akan atau sedang memulai bisnis online.

Teknik copywriting ini sebenarnya tidak hanya dipelajari oleh mereka yang memiliki usaha online, Blogger seperti saya juga membutuhkannya. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa kegiatan menulis melalui media blog saat ini tidak melulu menuliskan curahan hati atau membagikan kegiatan sehari-hari, namun lebih dari itu. Peran Blogger saat ini sering menjadi partner brand untuk turut meyakinkan calon konsumen sebelum membeli barang.

| Baca Juga!  Advan StartGo S1, Jam Tangan Pintar Sekaligus Canggih

Ada istilah CTA atau Call to Action dalam copywriting. Call to Action adalah kata-kata pamungkas untuk meyakinkan target konsumen. Pada kata pamungkas ini, seorang copywriter ditantang untuk meyakinkan calon konsumen. Kenapa harus membeli smartphone Amisalnya. Makanya, dalam sebuah review atau saat CTA, penulis konten harus menyisipkan keuntungan atau keunggulan kenapa harus membeli smartphone merek B, kenapa harus menggunakan provider C. Dengan bahasa iklan yang mudah dipahami dan sudah disisipi dengan benefit, maka calon konsumen akan tergerak untuk melihat produk lebih detail.

Belajar tentang copywriting di Skill Academy dengan judul trik merangkai kata untuk tingkatkan penjualan bisa kamu dapatkan sekarang juga. You must try it, karena kelas belajar copywriting yang menjadi salah satu kelas best seller di Skill Academy dan harganya hanya 200 ribuan. 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *