Cek Mainboard Sebelum kamu Vonis Mati | CerisTekno

Cek Mainboard Sebelum kamu Vonis Mati

1 min read

cek maiboard

Mainboard atau motherboard adalah papan utama untuk semua periferal Personal Computer atau PC seperti Hardisk, VGA, Ram, Prosesor. Motherboard bisa kaian dapatkan di pasaran dari mulai harga terendah sampai harga tertinggi tentunya semua memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri. Lalu bagaimana cara cek mainboard sebelum kamu vonis mati, perhatikan tahap-tahap berikut.

cek mainboard
sumber : pixabay

Cek Mainboard Sebelum kamu Vonis Mati

Sebelum kamu vonis mati itu motherboard. Banyak hal yang harus kamu lakukan, kamu harus mengecek satu persatu perangkat keras lainnya supaya tidak salah vonis.

Cek Hardware lainya dulu

Cara tercepat adalah kamu punya hardware cadangan untuk melakukan ujicoba atau untuk perbandingan. Contoh kamu persiapkan hardware baru atau second masih layak pakai seperti : prosesor, Ram, vga, PSU dan Hardisk. Prosesor kemungkinan besar jarang sekali rusak dengan tanda kutip tidak terbakar. VGA juga tidak terlalu diperlukan karena masih ada VGA onboard, jadi kemungkinan terbesar hanya di RAM, PSU dan Hardisk.

| Baca Juga!  Lima Mitos Seputar Komputer

Jika sudah memilik hardware cadangan. Kamu bisa melakukan kanibal satu persatu. Contoh pertama kamu ganti PSU dulu lali hidupkan, kedua ganti RAM, ketiga ganti Hardisk. Lakukan analisa sebelum kalian vonis mainboard yang mati.

Bersihkan Hardware Lama

Bersihkan semua perangkat keras yang ada dari casing, kipas, ram dll. Untuk RAM, dan VGA card, kuningannya bisa kalian bersihkan dengan penghapus pensil, kalian gosok-gosok saja sampai bersih.

Cek Power Supply

Lepas semua kabel PIN yang menempel di semua perangkat. Sambungkan kabel hijau dan hitam di pin 24, dengan kabel atau klip kertas, lalu pasangkan kabel power di power supply. Cek apakah kipas dari power supply tersebut berputar. Kalau berputar sekaian cek tegangan yang keluar dari power supply tersebut.

| Baca Juga!  Cara Mengatasi Spasi Yang Berantakan Dari Word

Caranya siapkan multitester dengan mengecek tegangan VOLT.  Semua kabel warna hitam adalah sama yaitu COM dan Ground, warna kuning itu tegangan 12V, Orange 3V, dan merah 5V. Kalian cek masing-masing tegangan dan cek berapa kisarannya, jika ukurannya masih mendekati, berarti PSU tersebut masih normal.

Clear CMOS

Jika sudah di bersikan semua hardware dan cek mainboard masih belum hidup, langkah selanjutnya adalah clear CMOS. Caranya matikan dulu komputer, lepas semua kabel power untuk menghindari kesetrum. Copot baterai CMOS, dan Clear CMOS dengan mangabungkan 2 kaki, cari di motherboard nanti ada tulisan clear CMOS.

Lepaskan Prosesor

Jika langkah-langkah diatas belum selesai. Cek mainboard masih belum nyala juga, langkah berikutnya adalah lepas semua perangkat keras, terutama di prosesor. Lepas dan bersihkan semua ulang, tunggu beberapa saat baru di pasang lagi.

| Baca Juga!  Cara Berlangganan Fan Page Facebook

Jika langkah-langkah diatas sudah dicoba semuanya dan cek mainboard atau cek motherboard belum hidup, maka kemungkina terbesar adalah motherboard tersebut mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *