Cara Mengatasi Kabel Charger HP rusak

Ceristekno – Kabel data / kabel charger ponsel memiliki peran yang sangat penting saat kamu melakukan charging, kabel data berfungsi menyalurkan arus listrik dari kepala charger ke ponsel. Nah bagaimana jika kabelmu diambang putus, atau sudah putus, admin kali ini bantu memberikan solusi cara mengatasi kabel charger hp rusak.

Kalian tahu sendiri kabel charger bawaan pasti berfungsi lebih baik daripada kabel charger yang kamu beli di counter atau accesories terdekat, harga lima ribu sampai dua puluh lima ribu  anda sudah mendapatkan kabel charger baru dengan embel-embel original, tapi kalian juga pasti tahu sendiri kenyataan dari kabel tersebut, kabel tersebut sering putus ditengah dan sering tidak berfungsi baik setelah beberapa kali pakai, apalagi kalau sering dipasang dan dilepas (*pengalaman admin)

Cara Mengatasi Kabel Charger HP rusak

Deteksi Masalah :

Pengalaman admin sendiri yang sudah sering gonta ganti kabel charger, akan memberikan pengalamannya terbaiknya, kemungkinan besar yang sering ditemukan saat kabel charger rusak adalah ada 2, pertama: kabel dengan kualitas baik maupun original biasanya  di leher kepala charger mulai terkelupas dan kabel dalam charger kelihatan, dikarenakan sering tarik sembarangan, kedua : biasanya kabel putus di kepala charger, leher charger atau bahkan ditengah.

Alat yang perlu disiapkan :

  • Test pen (kalau ada tespen yang sudah ada deteksi arus)
  • Solder
  • Lem bakar/ Gluegun
  • Cutter
  • Tali/ benang wol atau sejenisnya

Memperbaiki Kabel Yang Belum Putus Tapi Kabelnya Sudah Keluar.

Kabel dalam sudah keluar tapi kabel masih berfungsi dengan baik, saran saya segera diperbaiki sebelum kabel tersebut putus. Cara  memperbaikinya adalah gunakan lem bakar untuk menutupi kabel , setelah dingin lindungi bekas lem bakar tersebut dengan tali, ikat layaknya anda membuat gelang dari tali tersebut. Fungsi tali membantu mempertahankan kualitas lem bakar yang berada di leher charger, jika hanya menggunakan lem bakar saja, lama kelamaan lem bakar akan kering dan kaku, seiring waktu lem bakar tersebut akan lepas sendiri, untuk siasati hal tersebut kamu harus melindunginya yaitu salah satunya dengan benang atau kabel yg saya gunakan seperti gambar dibawah.

Memperbaiki Kabel Yang Sudah Putus

Kalau kabel sudah putus, anda harus menyambungnya secara ulang dengan cara solder dengan timah, tapi bagaimana jika kamu belum mengetahui lokasi atau letak dimana putusnya kabel, saya memberikan beberapa solusi :

  1. Cara Manual yaitu dengan melihat baik-baik kabel luar, perhatikan baik-baik setiap jengkalnya apakah ada kabel yg lecet atau ada kabel yang terkilir. putus kabel tersebut dan sambung dengan cara disolder.
  2. Cara Tes Dengan Menggunakan Test Pen, test pen yang digunakan bukan test pen biasa, test pen yang saya gunakan yaitu test pen otomatis sekaligus bisa mengecek arus yang putus, saat test pen tersebut diarahkan ke kabel yang ada arusnya, maka test pen tersebut akan berbunyi, dan jika putus test pen tersebut akan berhenti berbunyi, cara ini cara yang paling praktis yang bisa kamu lakukan saat kamu ingin mengetahui kabel arus yang putus. Jika sudah ketemu dimana arus yg putus tinggal kamu potong dan disolder ulang.

tambahan :

  • jika anda tidak punya waktu untuk menali kabel seperti gambar yg saya sertakan, anda bisa membeli pelindung kabel, cari saja di toko online dengan kata kunci ” Tali Spiral” “Pelindung Kabel”
  • Kabel Data dan kabel charger berbeda di isi dalam kabelnya , biasanya jika hanya berfungsi untuk charger saja didalam kabel charger hanya berisi dua kabel saja biasanya warna merah dan putih. Kalau Kabel data berisi 4 kabel didalamnya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *