Revaluasi Aset BMN Melalu Aplikasi SIMAN

Sejak aplikasi SIMAK-BMN update ke versi 17.0, ada penambahan sub menu pada menu transaksi BMN yaitu Inventarisasi dan Penilaian Kembali. Mulai dari sini aku curigesyen dan beratanya-tanya dalam hati, “ini gimana cara penilaian kembali aset BMN, ya? Apakah cukup inventarisasi internal atau akan melibatkan pihak luar juga?”.

Pertanyaan masih aku keep. Mau tanya kepada para senior, takut dikira kurang kerjaan. Sial banget, kan. Hahaha. Selang dua bulan setelah update, muncul update aplikasi SIMAN versi 3.1.2 di mana dalam updatenya menyertakan penambahan plugin bernama Revaluasi BMN.

Pecah saudara-saudara! Pekerjaan labeling BMN belum dimulai, sudah datang pekerjaan lagi. Beruntung, proses inventarisir barang ke dalam DIR telah aku selesaikan. Yaa…meski sebenarnya pekerjaan terkait BMN masih banyak rupa, tapi setidaknya pelerjaan yang penting pelan-pelan terselesaikan. 😀

SIMAN VERSI TERBARU
Revaluasi melaui aplikasi SIMAN…

Revaluasi Aset BMN dibagi menjadi dua periode pada Tahun Anggaran 2017. Hanya saja pelakasanaanya ada pada Tahun 2017 dan awal Tahun 2018. Dan tempat kerjaku dijadwalkan pada periode kedua. Proses revaluasi ini kerja sama dengan KPKNL setempat. Eeeh…bukan kerja sama, sih, tapi ada tim dari luar yang akan menilai kembali aset-aset negara berupa Tanah, Gedung dan Bangunan. Adalah Tim dari KPKNL.

Nah, supaya ada gambaran tentang pelaksanaan revaluasi, satuan kerja yang masuk penilaian tahap dua diundang oleh KPKNL untuk mengikuti semacam sosialisasi. Sepulangnya, operator SIMAK-BMN harus mulai melengkapi data-data dan juga dokumen sesuai kebutuhan revaluasi. Nanananana…

Detail proses revaluasi akan aku posting terpisah kalau tempat kerjaku sudah melaksanakannya, ya. Salam tangguh! 😛

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *