Pentingnya Menentukan Slug Pada Blog

1 min read

Bagi sahabat Belajar IT yang mempunyai Blog berplatform WordPress.Org pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Slug ‘kan, ya. Apalagi yang suka otak-atik Blognya, sepertinya sudah paham betul mengenai Pentingnya Menentukan Slug Pada Blog untuk apa. Pertanyaan; Sudahkah kamu memperhatikan Slug yang ada pada Blog? Jawabannya sangat beragam. Ada yang menjawab; tidak perlu diperhatikan, pun sebaliknya.

Lalu, seberapa penting Slug bagi sebuah Blog? Bagi saya, Slug pada Blog perlu diperhatikan dan sangat penting. Saya memang tergolong baru di dunia Blogging ini, namun saya berusaha untuk menekuni aktifitas ini, mengamati hal-hal yang menarik seputar Blogging dan selalu tertarik dengan yang namanya index search engine. Ya, menurut saya Slug yang telah dibuat akan mempengaruhi posisi index pada mata search engine. Maka dari itu, saya bilang sangat penting dalam menentukan Slug pada Blog. Penting di sini juga masih relatif, ya. Karena masih banyak Blogger yang ingin sekedar berbagi dalam tulisan, tanpa memperhatikan index mata search engine.

| Baca Juga!  Tip Pemakaian Komputer yang Tepat

Sebelumnya, saya jelaskan sedikit tentang Slug menurut bahasa saya. Slug yaitu kata yang nantinya akan menjadi sebuah URL dan akan digunakan WordPress untuk mengakses sebuah artikel. Slug di sini juga sama dengan memperpendek judul tautan. Bahasanya mbulet, ya. Bingung gak? :mrgreen: Lebih jelasnya, mari lihat screenshot dibawah ini.

MEMBUAT SLUG PADA BLOG
Kenali Slug Blog kamu!

Nah, sudah ada gambaran tentang Slug, kan? Jadi, menurut saya, slug yang bagus dan padat berisi. Sesuai dengan kategori yang sudah dibuat dan cukup dengan satu kata. Misalnya; saya membuat kategori “Jeng-Jeng Wisata”, lalu saya membuat Slug cukup dengan kata “Wisata”. Nah, Slug Wisata ini nantinya bisa membantu dan mengangkat artikel kamu pada index search engine.  Lalu, bagiamana cara membuat Slug yang bagus? Saya akan posting lain waktu, ya. Janji! 🙂

| Baca Juga!  Tip Jual Beli Rumah Secara Online

Cukup sekian dulu postingan tentang Pentingnya Menentukan Slug Pada Blog. Saya sudahi dulu, ya. Besok akan saya buktikan, bahwa Slug begitu membantu index mata search engine, pada postingan berikutnya.  Happy Blogging!

8 Replies to “Pentingnya Menentukan Slug Pada Blog”

  1. Terima kasih infonya mba, utk mencari Slug itu caranya gimana ya ? kok saya ga nemu di settingan blog saya nih..maaf masih awam. Slug ini apa sama pengertiannya dengan label ?

    1. Haiii, Mba Kartina.
      Slug itu beda dengan label, Mba.
      Kalau label tidak berpengaruh pada permalink, sedangkan slug adalah bagian dari permalink. 🙂

  2. Mba, kok tampilan di wordpressku beda ya, kolom slug yg dikanan langsung otomatis sama dgn name. trus kolom slug yg di kiri kok ga ada ya 🙁 huhuhu mhn pencerahannya 🙂

      1. waduh waduh mba..saya baru sadar klo ada 2 jenis wordpress, dan kebetulan saya pake wordpress.com, bukan yg .org
        itu gimana dong ngakalin slug nya mba?maacii 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *