Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Konten | CerisTekno

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Konten

4 min read

TRIPOD HANDPHONE DAN KAMERA RR

Saya pernah berada di titik ribet se ribet-ribetnya hanya karena peralatan untuk membuat konten. Ya gimana, dengan bekal pengetahuan tentang peralatan konten yang minim, membuat saya menjadi rajin mencari tahu kelebihan dan kekurangan alat yang saya butuhkan untuk membuat konten.

Demi apa tanya sana-sini, browsing sampai banyak tab untuk mencari referensi alat tempur untuk buat konten? Tentu tak lain untuk mendapatkan alat sesuai dengan kebutuhan dan yang tak kalah penting yaitu sesuai dengan budget. 😛 Ya…apa artinya sudah menemukan yang terbaik, tapi enggak mau diajak akad. Sakit hati, tuh. 😆

Diskusi Sebelum Membeli.

Teman-teman yang saya ajak diskusi sebelum deal membeli peralatan konten adalah mereka yang sudah berpengalaman dalam membuat konten. Bisa dibilang, content creator handal. Peralatannya pun kalau dilihat sudah lumayan banget dan selalu update. Senangnya bergaul dan punya teman pembuat konten, tuh, paling tidak bisa untuk konsultasi seputar peralatan konten. Ya…meski alat yang akan dibeli sudah dipastikan di bawah mereka banget atau mungkin jauh dari standar, paling tidak menambah pengetahuan, ya. 😆

Sebelum merekomendasikan, mereka sempat tanya-tanya; mau buat apa? budgetnya berapa? Pertanyan-pertanyaan standar supaya alat yang direkomendasikan nanti tepat guna. Eh tapi saya masih ingat ada pertanyaan yang ngeledek, gitu. “Mau hijrah jadi youtuber pasti ini, ya.” 😆 Ya ampun, boro-boro menjadi youtuber, ngomong di depan kamera saja masih sering belepotan sampai batuk-batuk tak terkendali. Pegang tripod saja masih suka gemeteran. Gimana bisa menjadi youtuber, ih. 😆

Peralatan Minimalis Vs Expert.

Mulai mengerucut, ya. Konten yang saya maksud di sini tentu tidak jauh dari hobi saya sebagai Bloger dan Influencer. FYI, saat ini pembuat konten seperti Bloger dan Influencer tidak hanya piawai dalam menulis di Blog dan atau membuat caption. Tapi juga harus pandai mengambil foto atau video, sesuai dengan pesanan klien. Nah, untuk melancarkan tujuan tersebut pasti membutuhkan peralatan yang mumpuni, dong. Enggak heran jika sebelum membeli harus melakukan semacam survei.

| Baca Juga!  Harga dan Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan

Perihal peralatan untuk membuat konten, tuh, banyak pilihan mulai dari yang minimalis sampai dengan harga ratusan juta yang pastinya super canggih. Kalau bisa memilih, sih, ambil yang sudah canggih, ya. Tapi kembali lagi pada kebutuhan dan anggaran. Beli asal bisa digunakan, yang penting punya dulu asal enggak ecek-ecek banget, atau langsung membeli yang canggih. Ya…kalau buat pemula, ada baiknya beli peralatan yang standar dulu karena peralatan yang canggih biasanya butuh adaptasi. Sementara pekerjaan di depan mata banyak yang menunggu. 😉

Peralatan Konten yang Dibutuhkan.

Pembuat konten pemula pasti setuju kalau peralatan yang dibeli yang biasa-biasa saja atau yang penting punya peralatan dulu meski posisinya juga sebagai penikmat dan pemerhati konten. Seperti saya, misalnya. Saya penikmat dan kadang suka memperhatikan hasil konten yang dibagikan oleh teman-teman Bloger atau Influencer. Senang melihat hasil kreasi mereka, bagus-bagus. Selain sudah menguasai ilmu, mungkin alat yang digunakan juga canggih.

Nah, untuk mengawali menjadi pembuat konten yang handal, harus punya alat terlebih dahulu untuk action. Merasa masih pemula dalam membuat konten foto dan video, saya pun memilih peralatan yang biasa banget. Terpenting punya supaya bisa melakukan aksi. 😆 Berikut peralatan yang saya butuhkan untuk membuat konten.

Kamera.

Fungsi kamera yaitu sebagai alat untuk membuat gambar dan merekam gambar dari objek. Saya punya pengalaman membeli kamera untuk pertama kalinya yaitu pada tahun 2014, Kamera Mirrorless Sony Alpha 5000. Ini saya dapat rekomendasi dari teman Bloger yang juga hoby fotografi.

“Buat konten keseharian, pakai smartphone saja cukup, kok. Kalau untuk konten traveling, pakai kamera Sony ini sudah lumayan lah.”

Sebelumnya saya tidak ada bayangan sama sekali untuk membeli mirrorless. Untuk alat yang satu ini, jujur saya tidak menguasai dan belum banyak tahu. Beda dengan Laptop atau PC. Cing cang masalah itu. 😀 Sebagai pembuat konten pemula, sebelum memilih kamera ada baiknya cari tahu terelebih dahulu menu-menu yang ada di dalamnya. Kalau misal masih belum paham, bisa gunakan kamera smartphone sebagai alat untuk belajar membuat konten. Ingat, meski menggunakan handphone, penting juga memahami menu dan fitur yang ada di dalamnya, ya.

| Baca Juga!  Review Xiaomi Redmi 2 Prime

Tripod.

Peralatan yang menurut saya juga penting yaitu tripod. Alat alat stan ini berfungsi untuk membantu agar badan kamera bisa berdiri tegak. Alat ini sangat membantu ketika saya merekam video dalam durasi yang cukup lama. Atau untuk mengambil gambar dari kejauhan dengan timer dan remote. Kebayang kalau tidak ada tripod, tangan bisa kaku, nih. Belum lagi kalau pengambilan video, jika menggunakan tangan dalam waktu lama, bisa tidak stabil.

TRIPOD HANDPHONE DAN KAMERA RR

Memilih tripod juga disesuaikan dengan kebutuhan, ya. Hanya untuk stan smartphone atau kamera, itu bisa menjadi pertimbangan sebelum membelinya.

Software Editing.

Piranti lunak meski tidak kelihatan wujudnya segede apa, tapi masuk dalam daftar peralatan yang dibutuhkan karena memang sangat penting untuk edit hasil gambar atau video. Untuk mengolah hasil dokumentasi, saya lebih nyaman menggunakan handphone. Saya unduh beberapa aplikasi mobile untuk mengeditnya. Power Director menjadi aplikasi edit video andalan karena aplikasi ini mudah dipahami. Sementara untuk edit foto, saya menggunakan adobe lightroom dan snapseed.

Penggunaan software untuk editing adalah proses akhir sebelum dipublish untuk diperlihatkan ke khalayak. Tanpa diedit, hasil pasti kurang maksimal. Jadi, pastikan hasil foto atau video kamu melalui proses editing, ya. Biar yang menonton turut menikmati. 😉

Koneksi Internet.

Sama halnya dengan software, koneksi internet pun tidak berwujud tapi sangat dibutuhkan untuk para content creator. Tanpa koneksi internet, konten tidak bisa disebar luaskan, dong. Ada koneksi internet tapi kecepatannya rendah, sama saja bohong. Bikin dongkol. 😆
Koneksi internet dengan kecepatan tinggi menjadi idaman bagi para pembuat konten. Saya sendiri menggunakan jaringan koneksi internet dari Smartfren karena signal di tempat tinggal saya alhamdulillaah stabil. Selain kekuatan signal, ada banyak bonusnya. Terlebih saat ramadan, ada program #RamadanExtraFaedah dari Smartfren. Bikin makin bahagia, nih.

#RamadanExtraFaedah dengan Memanfaatkan Kuota Internet Extra Unlimited Malam Full Speed.

Ngomongin kuota internet yang tak ada batasannya, saya jadi ingat kalau pernah mengikuti acara #RamadanExtraFaedah yang disiarkan secara live di akun youtube smartfren pada tanggal 7 April 2021.
Hadir dalam live event adalah para kreator muda yang produktif dan kreatif seperti Arif Muhammad (Content Creator), Hana Madness (Visual Artist), dan Anya Geraldine (Influencer). Mereka berbagi tips buka peluang di masa pandemi. Bagaimana tetap eksis dan survive.
Di waktu yang sama, host juga memberitahukan bahwa akan ada konten-konten berfaedah yang disiarkan langsung di Channel Youtube Smartfren. Acara ini khusus disiarkan selama bulan ramadan sekaligus untuk menemani para muslim menjalani puasa ramadan.
Program bertajuk #RamadanExtraFaedah ini bisa diikuti oleh para pengguna smartfren di seluruh nusantara. Kabar baiknya, nih, ada banyak hadiah yang dibagikan tiap minggunya, seperti iPhone 12, Sony Playstation, Kamera, Sepeda, dan masih banyak hadiah menarik lainnya.
Cara untuk mengikuti program ini sangat mudah, kamu cukup menyebarkan konten berfaedah dalam bentuk video atau foto. Konten yang sudah dibuat bisa dibagikan ke media sosial dengan mention @smartfenworld, ya. Jangan lupa untuk sertakan pula tagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua.
smartfren extra ramadan
Nah, untuk menonton dan turut menyebarkan konten berfaedah pastinya butuh koneksi internet, kan. Buat pengguna smartfren tidak perlu bingung karena tinggal memanfaatkan Extra Unlimited Malam Full Speed dari smartfren. Yups, pelanggan smartfren yang menggunakan paket Unlimited dan Kuota Nonstop dapat menikmati manfaat dari Extra Unlimited Malam Full Speed dari pukul 01.00 sampai pukul 05.00 WIB. Sambil menunggu waktu sahur atau sambil menunggu subuh, kamu bisa mengikuti ramadan extra faedah atau membuat konten penuh faedah. Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di web www.smartfren.com/extrafaedah, ya.

Guys, membuat konten itu tidak semudah merebus air. Pun tidak semudah membuat mie instan. Jadi, nikmati prosesnya dan jangan lupa untuk membeli peralatannya sesuai kebutuhan. 😉

| Baca Juga!  Pembisnis Perlu Memaksimalkan Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *