Cukup Tahu Tentang Drone Phantom

Peralatan dokumentasi yang sama sekali belum pernah aku coba yaitu drone. Bukan, bukan karena aku ngga tertarik untuk mencobanya, hanya saja aku belun tahu cara mengatur dan mengambil dokumentasi dengan drone.

Melihat sekilas ketika Rois, pilot andalan yang sering aku recokin untuk ngedrone saat explore, kok rasanya ribet, ya. Harus memasang smartphone sebagai controling drone, pengambilan video atau foto dari atas yang bagiku harus benar-benar teliti, belum lagi harus bersabar ketika drone belum juga stabil.

Emang drone bisa ngga stabil?

Ternyata bisa. Ini pernah aku lihat saat kami explore ke bukit Lempuyang, Mandiraja. Ceritanya setelah rois mengeluarkan drone dari lemari, istilah tas drone, cukup lama dia test drone.

“Ini drone bisa terbang, tapi nanti ngga bisa kembali.” Katanya dengan wajah yang sedikit kesal.

Aku hanya manggut-manggut saja karena ngga begitu paham dengan kebiasaan-kebiasaan si drone. Ngeri juga, sudah terbang tapi ngga bisa balik. Gimana ngambilnya nanti, ya. 😀

DRONE PHANTOM 4
Pengendali drone…

Beberapa kali sudah dicoba untuk diterbangkan, namun gagal. Agaknya memang sedikit memaksa karena kami, aku khususnya, ingin ada dokumentasi menggunakan drone. Alih-alih mau membuat video tandingan. 😀

Setelah beberapa menit “pemanasan”, akhirnya drone yang sudah sebulan ngga dipakai, akhirnya bisa terbang juga.

Memang, drone haruslah kuat dan juga canggih untuk bisa diandalkan membawa sebuah kamera. Ya, pesawat ini dibekali kamera. Dan yang aku tahu, drone Phantom menjadi merk drone yang banyak dipercaya untuk tugas tersebut.

Kenapa drone Phantom?

Drone Phantom merupakan sebuah drone yang sudah dilengkapi dengan kamera bawaan. Dengan kata lain, jika membeli drone Phantom, pengguna tak perlu lagi membeli kamera untuk bisa digunakan bersama drone. Kamera beresolusi tinggi sudah ditanamkan untuk keperluan mengambil gambar dari berbagai angle.

Sama seperti merk produk gadget lain yang terus mengalami perkembangan, Phantom juga memiliki beberapa seri untuk produk dronenya. Ada 3 seri yang paling baru dan difavoritkan hingga saat ini yang pastinya bisa kamu andalkan untuk mengambil gambar dengan kualitas terbaik. *ini mendadak tahu tentan drone, ya.* Bukan tanpa sebab tentunya. Hahaha. Nah, ketiga seri tersebut yaitu:

1. Phantom 3 SE.
Merupakan seri Phantom yang kini paling banyak ada di Indonesia. Memiliki 4 baling-baling yang disambungkan dengan body kokoh.

Bagian bawah terdapat kamera yang diapit oleh pelindung dari logam sehingga akan melindungi kamera dari benturan yang tak diinginkan. Memiliki kamera beresolusi 12 dengan prosesor CMOS yang akan menambah kepintaran kamera. Harga drone Phantom 3 SE adalah sekitar Rp. 7 jutaan.

2. Phantom 4 Advanced.
Memiliki design yang lebih minimalis dengan bentuk kamera yang lebih terlihat catchy. Dibekali dengan kamera beresolusi 20 mp yang bisa membidik target di tempat yang lebih jauh dengan kualitas gambar maksimal. Menggunakan batre berkapasitas 5870 mAh yang cukup besar untuk digunakan terbang berjam-jam. Harga untuk seri drone Phantom ini di situs belanja online sekitar Rp. 16 jutaan.

3. Phantom 4 Pro.
Merupakan seri terbaru dan tercanggih dari ketiga seri drone Phantom ini. memiliki warna gelap untuk dronenya yang membuat seri ini tampil lebih maskulin dan seperti pesawat pengintai.

Menggunakan kamera beresolusi 20 mp dan didukung dengan penggunaan batre berkapasitas besar 6000mAh akan bisa mengandalkannya untuk bepergian bersama dan mengabadikan berbagai moment yang menantang.

DRONE PHAMTOM
Terbang dengan arah…

Kata Rois, dia yang udah paham banget drone, harga drone Phantom terbilang mahal untuk sebuah produk yang bisa ditemukan dengan harga separuhnya. Namun tentu saja drone dari Phantom ini memiliki berbagai kelebihan dibandingkan lainnya.

Asli, aku ngga ada keinginan untuk memiliki drone. Cukup menggunakan kamera untuk gawai dokumentasi. Ngga sanggup kalau harus memiliki drone. Kalau memang pingin punya konten video pakai drone, tinggal ngrecokin Bb Rois saja. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *