Gagal Update Plugin Master Aset Versi 3.2 di Aplikasi SIMAN, Ini Solusinya!

Rekonsiliasi data SIMAK-BMN semester 2 dimulai pada tanggal 02-20 Januari 2018. Sepertinya ngga ada permasalahan pada aplikasi SIMAK-BMN. Pun dengan seluruh backup yang nantinya akan di inputkan ke dalam aplikasi SIMAN sepertinya ngga ada masalah karena DJKN ngga mengeluarkan update versi terbaru untuk aplikasi Persediaan dan SIMAK-BMN.

Berbeda dengan semester sebelumnya, kalau ngga salah ingat, sebelum dan sesudah rekonsiliasi, DJKN merilis update-an terbaru baik untuk aplikasi Persediaan maupun SIMAK-BMN. Hasilnya, ada beberapa satuan kerja haru melakukan rekonsiliasi ulang dan rasanya malesin banget! Hahaha.

Semester ini memang ngga update aplikasi Persediaan dan SIMAK-BMN, namun DJKN mengeluarkan update-an untuk beberapa plugin pada aplikasi SIMAN. Ini ngga masalah, karena  update aplikasi atau plugin di SIMAN ngga berpengaruh pada laoran neraca karena pada dasarnya aplikasi SIMAN hanya menerima backup-an dari beberapa aplikasi sehingga dapat tersaji sebuah laporan.

Tapi untuk kali ini, aku menjumpai permasalahan saat sedang update plugin Master Aset.

Gagal Update Plugin Master Aset Versi 3.2, Ini Solusinya!
Ini error plugin master aset pada aplikasi SIMAN…

Kalau dibaca, pesan error-nya rada malesin, ya. Tapi kalian harus tahu, karena ternyata solusinya sangat mudah. Ya, aku bilang sangat mudah karena Operator ngga perlu bermain dengan database, atau memperbaiki ini itu pada aplikasi yang kadang bisa menghabiskan sepuluh mendoan. 😆

Nah, jika setelah update plugin dan kalian menjumpai error seperti di atas, cukup lakukan remove plugin, install ulang plugin, lalu restart notebook! Solusinya sangat mudah, bukan? 😀

Jangan lupa update master aset satker kalian, ya. Apalagi yang baru dapat belanja modal. 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *