Ruang Belajar, Aplikasi Pendukung PJJ | CerisTekno

Ruang Belajar, Aplikasi Pendukung PJJ

2 min read

aplikasi-ruangbelajar-ruangguru

Ruang Belajar, Aplikasi Pendukung PJJ – Menjelang akhir tahun ajaran 2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim mengeluarkan statement tentang sekolah-sekolah yang akan kembali dibuka pada tahun ajaran baru nanti.

Uji coba pembelajaran tatap muka pun sudah diadakan di beberapa sekolah di Jawa Tengah seperti di Banjarnegara dan Purbalingga. Tentu hal ini merupakan angin segar bagi para tenaga pendidik, orang tua dan juga anak-anak sendiri.

Tidak dapat dipungkiri, setelah hampir 1.5 tahun menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena pandemi, banyak keluh kesah yang datang dari mereka. Dari sisi guru khususnya, mereka yang sudah mendekati masa pensiun, pelajaran dengan mekanisme online sangat sulit. Karena, kebanyakan mereka tidak paham dengan ilmu teknologi informasi (TI).

Tips Memilih Laptop Untuk Keperluan Sekolah Anak

Kemudian dari sisi siswa, banyak kendala yang dihadapi seperti ketersediaan kuota internet, smartphone dan laptop. Sedangkan dari sisi orang tua, banyak mengeluhkan ke guru yang banyak memberikan tugas kepada siswa tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu. Karena tidak jarang, alih-alih mendampingi dan mengarahkan anak-anaknya belajar, para orang tua justru ikut mengerjakan tugas-tugas sang anak. Kan pusing!

| Baca Juga!  Sekarang beli kartu perdana harus pakai KTP

Namun ketika sebentar lagi akan masuk tahun ajaran baru, kasus Covid-19 di Indonesia yang sudah agak mereda kembali memanas. Tingkat kematian pun meningkat akhir-akhir ini. Akhirnya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan lockdown kembali diberlakukan di beberapa daerah. Pembelajaran tatap muka? Emmm, sepertinya itu akan kembali menjadi angan untuk sekarang. Tapi kalaupun tetap diberlakukan pembelajaran tatap muka, aku sebagai orang tua pun tidak akan tenang membiarkan anak untuk sekolah offline dalam keadaan yang genting seperti sekarang ini.

Bisa mendampingi anak belajar adalah kepuasan tersendiri, meskipun sering habis kesabaran karena anak yang masih susah untuk bekerja sama. Atau sering pusing sendiri melihat materi-materi belajar anak zaman sekarang yang sangat berbeda dengan zaman orang tuanya dulu. Asli, pelajaran anak zaman sekarang lebih susah dibandingkan dengan zaman dulu. Hiks

| Baca Juga!  Review Xiaomi Redmi 2 Prime

Tapi tidak usah bingung apalagi galau. Sekarang ada layanan belajar online terbaik yang sangat membantu anak-anak kita belajar dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Ruang Belajar by Ruangguru.

Ruangguru adalah aplikasi belajar online yang betul-betul bisa memahami kebutuhan siswa saat ini. Eits, bukan hanya siswa, orang tua pun sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Ruangguru memiliki layanan belajar Ruang Belajar yang sangat cocok untuk digunakan saat PJJ.

ruang belajar by ruangguru

Ruang Belajar menyediakan materi belajar dari jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Belajar pun tidak akan membosankan karena ada ribuan video dan latihan soal yang bisa diakses di Ruang Belajar ini jika sudah berlangganan. Akses materi belajar juga sangat lengkap sesuai kurikulum dengan Master Teacher dan puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis. Selain tidak membosankan anak juga bisa lebih cepat memahami pelajaran kalau begini, nih.

| Baca Juga!  ​Faktor Pertimbangan Memilih Layanan Colocation Provider

Bagaimana cara mengakses Ruang Belajar?

Yang harus dilakukan pertama kali adalah men-download aplikasi Ruangguru melalui smartphone. Kemudian langsung saja pilih Ruang Belajar dan pilih paket-paket belajar sesuai kebutuhan. Mudah kan! Oiya, aplikasi Ruangguru ini juga tersedia untuk PC lho. Tidak hanya untuk smartphone, aplikasi Ruangguru juga tersedia untuk Windows dan Mac.

aplikasi-ruang-belajar

Apa saja yang didapat jika sudah berlangganan?

Selain mendapat puluhan ribu video belajar beranimasi, ratusan ribu soal untuk mengasah kemampuan, rangkuman infografis dan fitur premium lainnya, materi belajar di Ruang Belajar juga bisa diakses secara offline lho. Pengguna dapat mengunduh materi belajar terlebih dahulu untuk kemudian diakses secara offline.

Ahh, lengkap sekali kan. Siswa dan juga orang tua pasti akan sangat terbantu dengan aplikasi ini. Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ruangguru dan berlangganan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *