4 Hal yang Menunjukan Software Manajemen Bisnis Menghambat Efisiensi Bisnis

4 Hal yang Menunjukan Software Manajemen Bisnis Menghambat Efisiensi Bisnis

3 min read

memilih software bisnis yang aman

Kunci dari setiap keberhasilan bisnis adalah efisiensi. Di tengah persaingan yang semakin kompetitif dan peraturan yang semakin ketat, penting bagi semua stakeholder untuk dapat mengakses laporan bisnis dan keuangan dengan cepat dan mudah salah satunya menggunakan software manajemen bisnis.

Perusahaan yang memiliki proses dokumentasi bisnis yang tidak terupdate, tidak rapi atau susah diakses akan mengalami banyak kendala sehingga menghasilkan dampak negatif untuk bisnis. Masalah yang umumnya terjadi antara lain staff yang frustrasi, deadline yang terlewat, non-compliance, kehilangan kesempatan, semuanya mengarah kepada kemunduran perkembangan bisnis dan meningkatkan cost terhadap bisnis. Yuk…simak tanda-tanda yang menunjukkan software manajemen bisnis kamu justru menghambat efisiensi:

Software Manajemen Bisnis

Bisnis Proses yang ketinggalan zaman.

Seiring dengan berkembangnya lingkungan dan teknologi yang semakin dinamis, sangat penting bisnis proses yang kamu jalankan selalu terupdate dan sesuai dengan standar industri yang berlaku. Transisi dari proses akuntansi manual ke otomatis juga merupakan salah satu yang mengalami revolusi.

Teknologi memainkan peranan penting dalam mendefinisikan standar akuntansi dan cara melakukan pembukuan yang dikelola oleh sebuah bisnis. Apa yang terlihat begitu menguntungkan di tahun-tahun sebelumnya, akan tidak terlihat sama lagi di tahun-tahun berikutnya.

Salah satu cara terbaik memahami skenario ini adalah dengan melihat apa yang terjadi saat pandemi saat ini benar-benar mengubah keseluruhan cara bisnis beroperasi di berbagai belahan dunia. Tanpa persiapan dalam menghadapi musibah seperti itu, beberapa bisnis harus menanggung beban pandemi yang mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, software manajemen bisnis yang digunakan harus dapat beradaptasi dengan cara kamu bekerja saat ini sesuai dengan yang kamu inginkan, tanpa terkecuali. Mulai dari kemampuan menghasilkan laporan dalam bentuk yang paling sederhana hingga kemampuan multitasking di antara beragam task, software bisnis yang ideal tidak akan membatasi ruang gerak proses bisnismu.

| Baca Juga!  Aplikasi Perekam Game Terbaik untuk Youtuber

Ketidakmampuan untuk menyesuaikan dengan proses bisnis yang dinamis.

Proses bisnis yang rumit terkadang sulit untuk dipahami dan menghabiskan banyak waktu. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan dan tidak mudah diadaptasi oleh staf yang cenderung untuk mencari cara yang lebih mudah untuk prosedur menyeluruh. Software yang memudahkan berarti mudah untuk dioperasikan atau menghasilkan laporan tanpa harus mempelajari hal yang baru. Proses bisnis yang disederhanakan akan membantu kamu tidak hanya memberikan laporan yang akurat dalam hitungan menit, tetapi juga dapat mengerjakan beragam pekerjaan tanpa kesulitan.

Sebagai contoh, kamu sedang melakukan entri untuk pembayaran namun tiba-tiba ingin melakukan pengecekan tagihan yang sudah masuk jatuh tempo sebelum memprosesnya. Software manajemen bisnis yang kamu punya harus dapat bekerja dengan fleksibel tanpa menghalangi untuk melakukan beragam pekerjaan pada saat bersamaan tanpa khawatir untuk kehilangan progres sebelumnya.

Tidak dapat mengikuti perkembangan bisnis.

Bisnis apa saja tentunya memiliki keinginan untuk terus berkembang. Berikut contoh bagaimana sebuah bisnis akan terus berkembang dan bagaimana software bisnis kamu seharusnya dapat memenuhi kebutuhan tersebut supaya dapat efisien dan berjalan seimbang.

Pada umumnya seseorang memulai berbisnis dengan konsep sederhana, mendapatkan pelanggan kemudian melakukan transaksi di tempat, lalu mengirimkan produk tersebut kepada pelanggan. Seiring berjalannya waktu, kamu akan mulai memberlakukan pembayaran melalui kredit dalam jangka waktu tertentu untuk sekelompok pelanggan. Semakin besar list pelanggan, maka kamu juga akan memerlukan manajemen kredit yang efektif untuk melacak dan mengetahui pembayaran jatuh tempo dan mengelola arus kas yang semakin meningkat.

| Baca Juga!  Anti Executable

bisnis proses manajemen

Software akuntansi harus memiliki kemampuan untuk membawa perspektif baru terhadap bagaimana pemilik bisnis menjalankan bisnisnya dan mengelola akun-akun mereka. Dengan demikian, penting untuk sebuah software dapat berkembang dengan bisnis, meningkatkan proyeksi bisnis dengan memvisualisasi beragam skenario bisnis dan menganalisis laporan provisional yang akurat.

Nah, seiring bisnis  semakin berkembang, tentu saja kompleksitas pun akan semakin meningkat sehingga membutuhkan proses yang lebih simpel dengan fitur-fitur bawaannya. Jangan lupa untuk mengukur pertumbuhan bisnis kamu dan evaluasi pilihan-pilihan yang tersedia sebelum memutuskan untuk memilih sebuah software.

Ketidakmampuan untuk mengenali proses baru dengan cepat atau beradaptasi dengan proses yang telah ada untuk memenuhi kebutuhan baru.

Suatu organisasi yang bergerak di ekosistem yang dinamis atau market yang berkembang tentunya tidak asing dengan proses merger dan akuisisi, produk dan layanan baru, sering mengalami kesulitan untuk memperbarui, menerbitkan, dan mengimplementasikan proses terbaru untuk memenuhi prasyarat terbaru.

Software Bisnis Tally Prime

Dalam situasi seperti ini, penting bagi sebuah organisasi untuk memiliki sistem yang agile dan mudah digunakan untuk membuat perubahan-perubahan tersebut dapat dikerjakan dengan cepat, sehingga dapat meminimalkan dampak negatif apapun pada bisnismu.

Fitur-fitur bawaan seperti, navigasi yang cepat, mudah digunakan, tampilan yang dapat disesuaikan, serta beragam kemampuan lainnya yang dapat membawa dampak yang sangat besar terhadap pegawai untuk beradaptasi dengan proses yang baru dan memberikan mereka mendapatkan keyakinan untuk bekerja dengan software tersebut.

| Baca Juga!  Cara Menggabungkan File dengan Hjsplit

Lalu, bagaimana implementasi dari software manajemen bisnis yang tepat untuk meningkatkan efisiensi bisnis hingga 10x lipat?

Memilih software manajemen bisnis yang tepat untuk bisnis dapat jadi momok yang menakutkan. Dengan beragam pilihan yang tersedia di pasaran, tentunya proses memilih software yang tepat tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini tetapi juga memberikan benefit jangka panjang dapat memakan waktu yang tidak sebentar.

Untuk dapat meningkatkan proses bisnis apapun, yang pertama perlu dilakukan adalah mengidentifikasi dan menganalisis area yang butuh perubahan. Ketika kamu sudah memahami pain points atau masalah yang dimaksud, proses pengambilan keputusan akan menjadi lebih cepat sehingga kamu pun bisa menentukan software yang tepat sesuai kebutuhan.

software bisnis terbaik untuk akuntansi

Menurut pengamatan saya terhadap berbagai software manajemen bisnis yang ada di pasaran, saya melihat TallyPrime yang merupakan salah satu software manajemen bisnis dengan fitur yang sangat sesuai untuk industri kecil dan menengah.

TallyPrime hadir dengan beragam fitur yang berguna untuk membantu kamu menyederhanakan proses bisnis dengan cara terbaik yang paling memungkinkan. Software ini membantumu untuk mengatur dan memudahkan bisnis proses dengan kemudahan proses implementasi dan juga pengoperasiannya. Kontinuitas memegang peranan penting dalam pertumbuhan perusahaan, dan TallyPrime akan menjadi partner sejatimu dalam mengembangkan bisnis.

Yukkk…kenali software manajemen bisnis, pelajari fitur-fitur dari TallyPrime dan pahami bagaimana fitur-fitur tersebut dapat mendukung efisiensi bisnismu hingga 10 kali lipat. 😉

37 Replies to “4 Hal yang Menunjukan Software Manajemen Bisnis Menghambat Efisiensi Bisnis”

  1. Ada aplikasi keuangan begini sangat membantu karyawan dan pemilik bisnis ya untuk pencatatan keuangan lebih efisien dan cermat..

  2. Software bisnis memang diharapkan bisa membuat pekerjaan di perusahaan lebih efisien ya, tapi kalau malah menghambat, perlu di tinjau ulang. Apakah karena faktor perubahan proses bisnis di perusahaan atau faktor kemampuan SDM nya

  3. Jadi ternyata kalau salah pilih bisa2 menghambat bisnis kita ya mba. Nanti coba cek2 tallyprime. Sistem gini penting untuk memudahkan proses bisnis

    1. Harus cerdas ya mba memilih software agar semua urusan bisnis berjalan lancar, efektif, dan efisien. Tally Prime ini bisa jadi salah satu solusinya.

  4. Software Penunjang Bisnis itu memang krusial ya, tapi jika salah pilih malah akan menghambat. TallyPrime bisa jadi pilihan dengan semua fiturnya untuk memudahkan jalannya Bisnis kita.

    1. Mba apakah aplikasi ini cocok digunakan untuk UMKM yang skala bisnisnya belum terlalu luas ya? Terkadang aku yang baru mulai berbisnis merasa butuh software untuk menghitung sederhana uang keluar masuk…

  5. Nah setuju siy kalau aplikasi/software manajemen pakai yang terbaik dan mendukung program, mudah dan efisien pasti bisnis juga makin berkembang, pun sebaliknya jika software jadul dan ribet pasti akan menghambat bisnis ya mbak

  6. Perusahan yang menjalankan bisnis, e ting sekali memahmi software yanf berhubungan dengan pengsmbilan keputusan dan pekerjaan, biar gak memakan waktu lama ya, Bun

    TallyPrimer ini aku baru baca, jadi penasaran

  7. Iya bener ya mba.. kalau tidak aware dan kurang perhatian malah pemilihan software yang salah bisa menghambat ya. Benar2 harus memikirkan a sampai z untuk menggunakan software tertentu ya dan yang paling penting harus kenal banget fitur2nya.

  8. wah bener juga ya kalau bisnis harus up to date juga pada sofware yang bisa membantu pengembangan bisnis supaya gak ketinggalan dengan para pebisnis lainnya. thanks infonya kak

  9. Tally Prime membuat beberapa pekerjaan bisa terselesaikan dengan cepat dan akurat yaa..
    software manajemen bisnis harus inget Tally Prime.

  10. adanya software harusnya bisa mempercepat efisiensi dalam bisnis ya mbak. untung sekarang sudah ada Tally Prime, software manajemen bisnis yang akurat dan cepat, jadi bisa efisien.

  11. Ternyata tidak semua software bisnis bisa dipertahankan yaaa.. Perusahaan harus terus update nih agar manajemen bisnisnya tetap tertata, tidak melambat di periode tertentu.

  12. jaman sekarang memang management system itu bener – bener memegang peranan penting yaaa. Apalagi kalau memulai suatu usaha atau bisnis. Harus aware dengan sift ware yang ada dan bisa banyak memanage bisnis lebih baik

  13. setuju sih aku kalo sekarang ini memang sistem management harus canggih dan user friendly artinya mudah diaplikasikan dan digunakan oleh karyawan

  14. Tak mudah memang menggembangkan usaha. Tapi dengan adanya sistem managemen seperti ini, jadi ngebantu banget. Tapi harus disiapkan juga timnya

  15. Saya blBelum pernah punya bisnis yang serius yang sampai butuh software khusus untuk manajerialnya. Baca ini jadi ingat temen yang kerjaannya ngurusin bikin2 software pesanan. Thanks for sharing ya mbak 🙂

  16. Segala hal yang menghambat bisnis emang haris dikenali..dan diatasi..Dengan adanya software yang sangat membantu gini..manajemen bisa lebih mudah ya mengontrol bisnisnya…

  17. Pandemi bikin banyak owner bisnis yang gulung tikar karena mungkin kurangnya pengetahuan, kurang melek teknologi dll.
    Untungnya sekarang ada Tallyprime yang bisa membantu menjalankan bisnis agar terus berkembang

  18. Kalo ada software seputar manajemen bisnis yg kredibel dan reliable, pastinya sangat memudahkan ritme bisnis ya Mba.
    Kece banget ini TallyPrime, sangat bisa jadi pilihan buat para pebisnis karena fiturnya sangat memudahkan untuk daily activities

  19. Management bisnis makin berkembang, perusahaan harus terus mengikuti dengan terus update. Dengan adanya Tally Prime, sehingga bisnis akan lebih efisien

  20. Sekarang banyak software canggih buat manajemen berbisnis ya. Jadi makin terbantu. Yang penting adalah ini bisa buat usaha menengah ke bawah

  21. beberapa waktu lalu suami nyari aplikasi untuk pembukuannya usahanya. Dan sampae sekarang masih roaming mau menggunakan aplikasi yang mana. Memang kudu cermat memilih software utk mengelola usaha, yang terutama user friendly

  22. kalau dulu suami sempat pilih-pilih software bisnis bahkan sampai ke kantornya supaya memahami fitur-fiturnya. Kendalanya itu enggak semua software mengakomodir UKM yang manufaktur, kebanyakan hanya semacam distributor aja. Kalau produksi sendiri keuangannya akan lebih ribet sih apalagi sisi inventori. Tally Prime gimana ya mbak?

  23. wah boleh juga nih mba Tally Prime ya namanya. Aku kebetulan pengurus koperasi di kantor, dan emang kerasa banget klo software manajemen keuangan terutama akuntansinya perlu banget diupgrade…cuma emang SDMnya juga harus bs ngimbangin nih spy bs jalanain

  24. Penting ya software manajemen bisnis ini untuk keberlangsungan usaha, dan kita juga harus siap melatih tim untuk lebih melek teknologi jadi software ter manfaatkan dengan baik

  25. Nah, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi mau ga mau mesti upgrade untuk perkembangan bisnisnya. Ada beberapa temen bisnisku yang masih konvesional dan ga mau tahu dengan software2 beginian, alhasil ya ga maksimal dan ga berkembang.

  26. zaman terus berkembang ya mak, harus pintar pintar menyesuaikan diri
    termasuk untuk urusan bisnis, tentu harus pilih software yang pas agar bisnis terus berkembang

    1. Software yang pas menentukan nyamannya pencatatan perusahaan dalam hal finansial ya. Manajemen bisnis pun makin tertata rapi kalau pilih software yang tepat.

    2. Waah penting banget ini dipelajari. Apalagi bagi yang ga punya basic manajemen bisnis sama sekali. Selama ini masih pakai pencatatan yang simpel.

  27. Iya bener setuju memang harus punya laporan bisnis dan keuangan yg cepat dan mudah salah satunya menggunakan software manajemen bisnis… Biar report nya juga mudah

  28. Menarik juga Tally Prime ini kyknya krn gak cuma cocok buiat bisnis besar tapi buat usaha yg kecil menengah juga bisa dimanfaatkan ya?
    Software2 kyk gini sangat membantu buat efisiensi dalam mengelola bisnis ya

  29. Saya baru tahu dan baru buka buka software-nya melalu review semacam ini
    Saya jadinya pengen rekomendasi ke teman deh ini

  30. kalau memiliki usaha penting ya mempelajari software bisnis yang tepat agar lebih mudah manajemen-nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *