Seperti Ini Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

LAPTOP NOTEBOOKKamu pasti tidak mau kan jika laptop yang baru kamu beli jadi cepat rusak karena kurangnya perawatan atau bahkan karena perawatan yang salah. Kalau begitu kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat laptop yang benar agar bisa awet dan tidak mudah rusak.

Laptop merupakan barang yang cukup mahal, jadi ketika terjadi kerusakan pasti harga service juga mahal. Sayangkan uang habis karena kecerobohan kamu yang tidak bisa merawat laptop dengan benar. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Bagaimana Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak, supasa kamu tidak menghabiskan uang hanya untuk memperbaiki laptop yang rusak.

Bagaimana Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

1. Jangan Letakan Laptop di Atas Kasur

Ini dia yang paling penting untuk merawat laptop agar awet. Jangan meletakan laptop di atas kasur baik itu ketika sedang di gunakan atau tidak, karena saat di letakan di kasur sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Udara pembuangan akan sulit keluar karena tertahan oleh badan kasur. Akibatnya udara tersebut akan kembali ke dalam laptop dan mengakibatkan komponen-komponen di dalam laptop menjadi tambah panas. Hal ini jika di lakukan tsecara terus-menerus laptop akan cepat rusak.

2. Jangan Mengangkat Laptop Saat Masih Menyala

Hal yang cukup sering di lakukan orang dan sering di sepelekan ini bisa berdampak besar terhadap laptop kamu. Karena ketika kamu mengangkat laptop yang sedang dalam kondisi menyala, maka hardware di dalam masih dalam posisi bekerja dan di khawatirkan piringan hardware yang masih berputar akan tergores dan dampaknya bisa Bad Cector.

3. Jangan Menutup LCD Laptop Setelah di Gunakan

Kenapa tidak bleh? Sebenarnya boleh-boleh saja asal laptop kamu masih dalam konsisi dingan karena main di ruangan ber-AC. Yang tidak di bolehkan adalah menutup LCD saat kondisi laptop masih hangat atau bahkan panas, ini sangat tidak di anjurkan. Untuk merawat laptop agar tetap awet hindari menutup langsung LED setelah selesai di gunakan, hal ini karena panas pada permukaan keyboard bisa mengenai LEC dan berakibat fatal pada LCD tersebut. Sebaiknya kamu menunggu beberapa saat hingga laptop dingin, atau kamu bisa menggunakan kipas untuk mempercepat proses pendinginan.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunkan Laptop untuk Bermain Game

Jika hanya bermain game ringan seperti Angry Bird atau Zuma ya tidak menjadi masalah. Namun jika kamu sering menggunakan laptop untuk bermain game berat seperti GTA, Call of Duty atau PES hal ini bisa berdampak pada komponen yang overheat dan bisa mengakibatkan baterai bocor dan rusak. Tips ini juga berlaku bagi laptop khusus gaming.

Nah, itu dia beberapa Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama yang bisa kamu praktekan dengan sangat mudah.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *