Cara Membuat website Landing Page dengan Plugin Elementor

Ceristekno.com kali akan share cara membuat website landing page  dengan Plugin Elementor. Elementor plugin adalah salah satu plugin page builder terbaik, biasanya para pengguna wordpress self hosting merekomendasikan dua plugin page builder yaitu Elementor dan DIVI.

Landing page saya sendiri mengartikannya yaitu sebuah tampilan situs yang mengarah ke satu tujuan pokok yang spesifik, sederhanya satu tampilan yang mengarah ke satu produk, contoh : download eBook, pendaftaran, Event tertentu, Promosi produk, Profil Seorang. Berbeda dengan website tang memiliki banyak menu banyak halaman dan banyak posting.

Cara Membuat Website Landing Page dengan Plugin Elementor

Langkah-langkah :

  • Buat Email baru sesuaikan dengan nama domain
  • Daftar dan beli Hosting  + Domain Install WordPress
  • Atur Nama Situs dan Detail Situs install plugin elementor

Lanjut ke langkah pembuatan Landing Page

Buat Halaman Baru , Isi judul halaman klik Edit with Elementor lalu akan muncul tampilan elementor beserta menunya sebelum memulai membuatnya saya sarankan kamu buat sketsa dulu nantinya mau dibuat model yang bagaimana seperti sketsa  gambar yang saya buat diatas setelah anda membuat sketsa anda bisa menyesuaikan dengan thema yang nantinya anda pilih .

Fitur-fitur

Perhatikan gambar diatas nomor 1 disitu ada logo “plus” warna pink dan “folder” warna abu-abu

Plus (pink) adalah fitur jika kamu klik menu tersebut kamu akan diarahkan ke menu tampilan sisi kiri, anda bisa memasukkan banyak pilihan widget sesuai sketsa kamu, banyak fitur yang bisa kamu masukkan walau kamu hanya menggunakan elementor free, fitur yang bisa kamu masukkan : Video, Teks Editor, Inner Section, Heading, Divider, Spacer, Button, Icon, Counter, Social Icons dll.

Folder adalah Fitur jika kamu klik kamu akan menuju ke pilihan memilih thema mana yang akan kamu gunakan, untuk elementor free pilihan thema kamu terbatas, jadi usahakan pilih thema default saja dan buat desain sesuka hatimu saja. tambahan kamu juga bisa import thema dari luar.

Tips & Trik

Secara default Elementor  akan bergabung  dengan thema yang kamu gunakan (thema di wordpress bukan thema di elementor) , istilah sederhananya elementor akan tampil layaknya sebuah POST atau sebuah PAGE.

Supaya tampilan situs full tampilan dari elementor  anda harus menggunakan plugin tambahan yaitu plugin “Fullwidth Page Template” (by : Brainstorm Force). Jadi nanti tampilannya akan full tampilan dari thema elementor tersebut. Perhatikan gambar diatas lihat kolom nomor 4 , itu plugin “Fullwidth Page Template”, jika ingin tampilannya full tampilan dari elementor maka pilih Elementor Full Width.

Kesimpulan :

Untuk plugin gratisan, plugin ini tergolong sangat berguna untuk membuat landing page, cara penggunaannya tergolong mudah, jika kamu explore lebih lama kamu akan paham semua fungsi dari widget  dan fungsi lainnya.

Tambahan :

Jika kamu nyaman dengan plugin ini saya sarankan kamu beli plugin ini untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak, tapi ingat jangan memasang yang bajakan atau elementor crack. Yang masih dalam tahap belajar bisa belajar bersama saya. Contoh landing page yang saya buat adalah pendaftaran.rsmuhammadiyahselogiri.com

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *