Home / Tip & Trik / Blogging / Panik Saat Domain Expired!

Panik Saat Domain Expired!

Hola Sahabat Belajat IT. Kamu, Blogger, pernahkah merasakan panik saat domain blog kamu expired? Jangan pernah sampai merasakan, ya. Cukup saya saja yang merasakannya. Sebab, terlalu menegangkan saat mengakses blog ternyata menjumpai kata “domain expired” :mrgreen:

Tanggal 1 September 2014. Malam hari saya masih asyik ngedraft postingan via handphone. Postingan tersebut rencananya akan saya, dan publish pagi hari, tanggal 2 September. Sesaat sebelum jam kerja dimulai.

Sesampainya di tempat kerja, saya berniat untuk log in http://idahceris.com/wp-admin. Lha kok tampilannya sudah berubah gitu: penuh link, dan tampilan pada header terdapat warningdomain expired!”

Gila!!! Saya langsung panik banget. Saya terus menghubungi seorang teman, dimana ia adalah pencipta domain idahceris.com. Ya, dia yang membelikan saya domain tersebut. Tapi, saat itu dia enggak mengangkat telephone dari saya. Maklum, saya telephone pagi-pagi sekali. Jadi, dia sedang beraktivitas.

Down!!! Serius rasanya langsung lemas. Mungkin karena ini pengalaman pertama saya tentang domain expired. Otak mendadak panas. Beberapa saat kemudian, saya menghubungi Kang Tiyo, dan menceritakan sebab musabab domain expire. Namun, tampaknya dia sedang sibuk. Sampai akhirnya, saya menghubungi Kang Yayat. Lagi-lagi merepotkannya. :mrgreen:

Setelah saya bercerita tentang domain saya yang telah expire, kemudian beliau mengatakan kalau domain masih bisa diselamatkan. Asalkan cepat bertindak. Woow…okelah, saya langsung tidak konsen dengan pekerjaan. Hiks Hiks

Melalui chatting via aplikasi facebook, beliau mengarahkan saya untuk membuka sebentuk situs, dimana tahap ini merupakan salah satu cara agar saya bisa mengaktifkan kembali domain idahceris.com. Meluncurlah saya ke situs Whois. Situs yang membeberkan identitas pemilik, dan atau pembeli domain.

Alhamdulillaah, pada hari itu juga saya bisa menyelesaikan permasalahan domain expired, sampai mengaktifkannya kembali. Puji syukur masih diizinkan ngeBlog. 😆

Kejadian ini memberi hikmah bagi saya. Sekarang domain tersebut sudah pindah tangan ke saya. Maklum, sebelumnya kan dikasih teman tuh. Jadi bukan atas nama saya. Dan kemarin, atas permintaan saya, domain sudah berpindah tangan. Menjadi atas nama saya, Siti. :mrgreen:

Bagi teman-teman yang mempunyai penyakit “suka lupa” perpanjang domain, mending dibuat reminder. Minimal tiga hari sebelum jatuh tempo. Yaaa…meski kalau sudah expire masih bisa mengajukan renew, tapi mending dibayarkan tepat waktu. Supaya enggak panik!

Ucapan terima kasih kepada Kang Yayat yang telah menenagkan, dan mengarahkan saya untuk kembali mengaktifkan domain idahceris.com yang telah expired. #lebay!!!

About Idah Ceris

Check Also

Cara Membuat Toko Online Sendiri Dengan Opencart Bag2

Setelah bagian satu kelar 2 hari yang lalu , kali ini saya akan meneruskan Cara …

6 comments

  1. Asyiik hidup lagi 🙂
    Selamat ya …

  2. kalau pesen domainnya sama hostingnya barengan biasanya diingatkan sama tukang hostingnya bahwa akan berakhir berapa hari lagi kok. Dan biasanya sampai dengan 30 hari sesudah berakhir, masih bisa diselamatkan.
    Yang susah kalau domainnya banyak tuh kayak saya, mesti punya kalender sendiri hehehe 😀

  3. Nah tuh betul Mbak Imelda bilang. Jadi intinya sih kalaupun mau lewat pihak ketiga harus segera diparkirkan ke account kita biar peringatannya langsung.

    Sama-sama makasih juga ya … selamat 🙂

  4. Yuniari Nukti

    Hai Siti :mrgreen:
    Soal beginian aku juga gak mudeng kok Sit. Pokoknya kalau domain sudah diambang tagih saya serahkan kepada yang berwenang. Taunya bayar dan beres. Dan siapa lagi masternya kalau bukan Kang Yayat 😆

  5. pakai reminder Idah 🙂 biasanya suamiku sebulan sebelumnya sudah rimender domain2 titipan. Allhamdulillah gak kehilangan domainnya ya

  6. Hi hi hi
    Makanya jangan lupa
    Syokur deh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *