Update Plugin Jetpack, Blog Langsung Error. Maintenance, Bro!

WP Lovers, kalian pasti ngga asing lagi dengan plugin Jetpack milik wordpress, ya. Plugin yang cukup berharga bagi blog terkait dengan automatic share ke sosial media, tombol-tombol share, statistik, dll dll.

Bagiku, blog dengan platform wordpress dan ngga menggunakan plugin ini, rasanya kurang. Padahal untuk mengetahui statistik per hari atau bahkan per tahun, Blogger bisa menggunakan google analityc. Lalu dengan tombol share, Blogger bisa menambah plugin khusus untuk share post. Tapi namanya sudah byaman dan percaya dengan satu plugin, apalagi ini sistemnya gretongan, ya mau gimana lagi. Terus dipertahankan apapun yang terjadi.

Ya, apapun yang terjadi sekalipun blog kerap error setelah update plugin Jetpack. Seumur-umur menjadi Blogger, aku baru kali ini mengalami masalah yang cukup menjengkelkan pada dunia blogging. Yaitu mengalami error maintenance tiap update plugin Jetpack.

Kesal? Iya.

Capek? Banget.

Pingin nangis? Kadang.

Meski sudah tahu cara mengatasi error ketika status blog menjadi maintenance, tapi rasanya kesuh terus. Kejadian ini aku rasa semenjak pindah hosting, dari hosting luar negeri ke hosting produk dalam negeri. Ini indikator pertama. Namun stelah aku evaluasi, ternyata ngga berpengaruh, tetap stabil dan aksesnya juga kencang.

Kakak Senior, Kanga Yayat, berpendapat, kalau kesalahan ada pada template. Template yang sekarang aku pakai ternyata kurang ramah untuk plugin jetpack crash, gitu. Padahal dulu pakai template yang sekarang masih dipasang baik-baik saja, lho. Yasudah, pikirku memang sudah terlalu lama pakai template yang sama, lama ngga gonta-ganti, ya mungkin sekarang saatnya ganti template blog.

IKON SOSIAL MEDIA
Ngeblog pakai HP…

Milih template ternyata ngga secepat makan Pie Dawet, membutuhkan banyak waktu untuk mencarinya. Makanya, aku kubur dalam-dalam untuk mengganti template. Aku pun mencari solusi lain.

Selain update plugin Jetpack lewat c-panel, aku juga menggunakan bantuan plugin lain untuk menseimbangkan ketika terjadi crash. Plugin corecurl.

Jadi kalau blog sampai terjadi error atau maintenance, jangan panik apalagi marah-marah. Telusuri dulu hostingnya, dan atau templatenya. Jangan lupa baca bismillah ketika masuk ruang c-pannel untuk menghapus file jatpack yang sudah ada. Pelan-pelan, yang sabar, insya allah ada jalan keluar. 🙆‍♀️

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *