Home / Tip & Trik / Teknisi / Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Jadi Cepat

Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Jadi Cepat

Siapa sih yang tidak kenal dengan perangkat keras yang satu ini? Ya, berkat perkembangan teknologi yang semakin cepat, komputer yang dulunya punya harga mahal serta berat sehingga tidak bisa di bawa ke mana-mana. Kini telah menciut menjadi perangkat bernama Laptop yang lebih ringan serta dapat di bawa ke mana saja.

Salah satu kelemahan dari laptop adalah seiring waktu lamanya di gunakan maka Laptop akan semakin lambat atau butuh waktu lama untuk memproses suatu program yang ingin di jalankan. Nah, untuk mengatasi hal ini simak cara mengatasi laptop agar tidak lemot dan menjadi cepat di bawah ini.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Jadi Cepat

1.Uninstall Software tidak Terpakai

Salah satu hal yang menyebabkan sebuat laptop yang berumur di bawah 3 tahun menjadi sangat lambat adalah karena terlalu banyak software yang terinstall, sehingga membuat Drive C menjadi penuh dan sistem menjadi terlalu lama dalam membaca harddisk. Hal ini juga yang akan mengakibatkan pembacaan data yang ada dalam harddisk menjadi lebih lama.

2.Bersihkan Desktop

Banyaknya software yang di letakan pada Desktop juga menjadi salah satu faktor penyebab kenapa laptop kamu menjadi lambat. Apabila kamu memiliki laptop dengan kapasitas memori besar maka hal ini tidak menjadi masalah. Sebaliknya jika kamu memiliki laptop dengan memori sedikit, sebaiknya mengurangi peletakan software pada Desktop agar laptop tetap berjalan dengan cepat.

3.Gunakan Software Seperlunya

Penggunaan RAM secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lambat. Biasanya hal ini terjadi ketika pengguna terlalu banyak membuka software dalam satu waktu atau sering di sebut multitasking. Contohnya seperti bermain game sambil memutar playlist musik.

4.Rajin Scanning Virus

Penyebab lain yang membuat laptop menjadi lambat adala karena banyaknya virus yang ada di dalam laptop kamu. Usahakan untuk memasang software antivirus pada laptop dan melakukan scanning virus minimal satu minggu sekali.

Nah, itu tadi adalah beberaa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga laptop bekerja dengan cepat dan tidak lemot saat kamu benar-benar membutuhkannya.

About Arman Budiman

Seorang otodidak yang sekedar berbagi pengalaman pribadi

Check Also

Tips Mencegah Pencurian PIN ATM

Ceristekno – PIN ATM adalah kode yang sangatlah penting yang harus kamu jaga, jangan sampai …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: