Cara Dasar Mengamankan Komputer

Apakah kamu sedang mencari tips dasar untuk mengamankan komputer? Antivirus hanyalah salah satu cara dasar untuk mengamankan komputer dari serangan virus ataupun hacker, tapi tidak ada antivirus yang perfect untuk melindungi komputer kamu.

Jika kamu hanya mengandalkan antivirus unruk mengamankan komputer, itu tadaklah cukup. Seperti menggunakan satu senjata untuk melawan ribuan musuh. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan di uas cara dasar untuk mengamankan komputer yang wajib kamu ketahui.

Cara Dasar Mengamankan Komputer

1.Gunakan Antivirus

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya kalau antivirus juga jadi salah satu cara untuk melindungi komputer. Salah satu sektor yang di lindungi oleh antivirus adalah serangan dari virus, malware hingga serangan hacker. Seperti yang kita tau kalau saat ini banyak sekali virus jenis baru yang bermunculan yang sengaja di ciptakan. Apalagi banyak sekali hacker yang tidak bertanggung jawab mengambil data pribadi di komputer kita.

2.Aktifkan Firewall

Firewall sudah termasuk dalam program di Windows yang sudah terinstall, jadi kamu tidak perlu lagi pasang software tambahan lainnya. Bagaimanapun keadaannya kamu harus membiarkan firewall aktif dalam keadaan setting default. Firewall akan memblokir koneksi yang tidak di kenal, melindungi windows dan software lainnya dari serangan malware yang mencoba mengeksploitasi kelemahan sistem.

3.Gunakan Software yang Update

Semua softwre yang kita gunakan setiap hari sangat rawan dengan keamanan. Celah-celah keamanan tersebut telah di temukan setiap harinya, misalnya saja seperti Windows, Mozila Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya kamu menggunakan software yang selalu rutin update, karena setiap melakukan update maka akan ada banyak pembaharuan termasuk dari sektor keamanannya.

4.Berhati-hati Terhadap Software yang ingin kamu Install atau Download

Walaupun antivirus sudah memberikan perlindungan terhadap komputer kamu dari serangan virus dan malware, tetapi kendali utama datang dari pengguna itu sendiri. Jika kamu sudah menginstall sebuah software yang padahal software itu adalah virus, walaupun sudah di peringatkan oleh antivirus untuk menghentikan proses instalasi tapi kamu tetap melanjutkannya maka virus tersebut berhasil masuk ke dalam jaringan komputer kamu.

5.Jangan Gunakan Software Crack atau Bajakan

Ketika kamu coba mengunduh sebuah software crack atau bajakan maka akan muncul banyak kendala. Karena bisa saja software bajakan atau crack yang kamu unduh tersebut sudah di sisipi oleh berbagai macam virus yang berbahaya bagi komputer.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan pada komputer kamu.

Tinggalkan Balasan