Home / Tip & Trik / Teknisi / Cara Melindungi Komputer dari Serangan Virus

Cara Melindungi Komputer dari Serangan Virus

Memiliki sebuah komputer adalah suatu keharusan bagi setiap orang saat ini, karena memiliki fungsi yang sangat bayak seperti sebagai sarana hiburan multimedia atau internet. Dengan komputer kamu bisa melakukan aktivitas mulai dari bermain game, memutar video, mendengarkan musik atau mengerjakan tugas kantor dan sekolah bagi para pelajar.

Ini Ladang Saya
Ini Ladang Saya

Jadi bisa di simpulkan bahwa komputer atau laptop saat ini sudah menjadi gaya hidup modern. Oleh karena itu, kamu harus menjaga komputer dari berbagai serangan virus dan malware yang berbahaya. Pada artikel kali ini akan di ulas bagaimana cara melindungi komputer dari serangan virus.

Cara Melindungi Komputer dari Serangan Virus

1.Selalu Waspada Terhadap Flashdisk

Salah satu media penyebaran virus yang paling sering terjadi adalah pada perangkat yang sering berpindah-pindah seperti flashdisk atau sejenisnya. Selalu scan total sebelum kamu membuka dan mengambil file dari dalam media penyimpanan tersebut. Salah satu jenis virus yang sering ada di flashdisk adalah virus autorun yang sulit di basmi jika kamu menggunakan antivirus gratisan.

2.Jangan Download Sembarangan

Berdasarkan penelitian pakar IT bahwa komputer yang tidak pernah terhubung dengan internet memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena virus, sebaliknya komputer yang selalu terkoneksi dengan internet memiliki peluang lebih besar untuk terkena virus. Virus seperti trojan dan malware dapat dengan mudahnya masuk ke komputer seseorang yang sering melakukan aktivitas download secara sembarangan.

3.Memakai Deep Freeze

Jika komputer kamu memanh harus selalu terkoneksi ke internet dan sering di hubungkan dengan removeable seperti flashdisk dan harddisk ataupun komputer kamu untuk keperluan umum seperti warnet, maka solusi terbaik adalah dengan menggunakan program Deep Freeze yang bisa di gunakan saat komputer kamu mengalami error baik yang di akibatkan oleh human error maupun virus berbahaya.

4.Selalu Aktifkan Firewall

Terutama buat kamu yang menggunakan komputer untuk berselancar di internet, Firewall di ibaratkan sebagai tembok penghalang bagi virus, malware maupun hacker yang ingin membajak komputer kamu melalui jaringan internet. Firewall dapat memutuskan apakah sebuah komputer dapat terhubung ke jaringan atau malah memblokirnya.

5.Kompresi File Penting ke Dalam Zip atau Rar

Jika kamu memiliki file penting se[erti MS Word, MS Excell ataupun file yang berformat exe, maka sebaiknya kamu segera melakukan kompresi file penting tersebut ke dalam format ZIP atau RAR. Tujuannya adalah supaya virus tidak menginfeksi file tersebut.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi komputer dan file penting kamu dari serangan virus dan malware yang berbahaya.

About Arman Budiman

Seorang otodidak yang sekedar berbagi pengalaman pribadi

Check Also

Beberapa Cara Jitu Dalam Mengoptimalkan Kamera Android

Ceristekno.com – Suasana libur begini paling enak bertamasya ke tempat wisata. Lalu foto-foto sepuasnya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *