Cara Mengurangi Candu Pada Sosial Media

By | 25/11/2019

Cara Mengurangi Candu Pada Sosial Media – Apa Facebook sering membuat Anda beralih moody? Apa Twitter ialah akar dari semua pekerjaan yang terlambat? Apa Instagram membuat Anda dijauhi rekan? Anda tak perlu takut sendirian jika merasakan karena yakin ataukah tidak hal tersebut dirasa beberapa orang. Bila memang demikian yang berlangsung, dikit menghindari diri dari media sosial mungkin jadi jalan keluar pintar.

Kurangi kegiatan publikasi melalui dunia maya kelihatannya dikit menakutkan. Tetapi sadarkah Anda jika tidak akan ada yang perduli atau merasakan kehilangan. Sebaliknya, ketetapan itu efek baik karena Anda akan memperoleh waktu tidur semakin banyak. Sebab tak perlu terlebih dulu memeriksa Facebook pada malam hari atau mempunyai lebih banyaknya waktu membaca buku dibanding mencari Instagram.

Memang dikit susah melepas diri dari ketergantungan pada media sosial, tetapi hal tersebut bukan bermakna tidak mungkin berlangsung. Anda perlu ikuti beberapa taktik detoks media sosial tersebut bila ingin terlepas dari ketergantungan:

Cara Mengurangi Candu Pada Sosial Media

Cara Mengurangi Candu Pada Sosial Media

1. Get Inspired

Hal pertama yang butuh ditempuh sebelum lakukan detoks ini. Adalah  dengan cari info mengenai beberapa orang yang sukses terlepas dari ketergantungan medsos. Bacalah narasi mereka serta dapatkan beberapa hal baik yang berlangsung sesudah mereka dapat mengalahkan ketergantungan itu. Ini cukup penting dikerjakan supaya Anda mempunyai semangat melepas diri dari belenggu akun medsos.

2. Hapus Aplikasi Medsos dari Smartphone atau Tablet

tahap selanjutnya yang butuh dikerjakan ialah meniadakan semua aplikasi media sosial yang ada di smartphone atau tablet Anda. Memang beberapa media sosial – seperti Facebook atau #Twitter – bisa dibuka lewat browser. Tetapi ingat-ingatlah arah Anda untuk bebas dari ketergantungan media sosial setiap saat ingin membukanya.

3. Nonaktifkan akun

Anda bisa menonaktifkan akun media sosial yang dipunyai supaya Anda tidak tertarik membukanya sepanjang proses detoks medsos berjalan. Bila belum siap dengan “pembersihan”besar-besaran, Anda bisa memulainya dengan tersisa satu akun media sosial serta tutup lainnya.

4. Minta Teman Mengganti Password

Cari rekan yang Anda yakin – diprioritaskan mempunyai daya ingat lumayan bagus – untuk ganti password akun media sosial favorit. Seterusnya. Bikinlah kesepakatan dengan batas waktu tersendiri (mungkin satu minggu atau satu bulan selanjutnya). Untuk memberikan email yang berisi kata sandi baru. Saat itu Anda dapat memastikan untuk masih meneruskan “puasa” medsos atau kembali memakainya.

5. Jangan Turuti Kemauan Semu

Hal yang cukup menyenangkan dari mempunyai akun medsos ialah. Bersahabat dengan rekan lama atau bekas pacar yang suka up-date tentang semuanya dalam kehidupannya. Perasaan semacam itu sama juga dengan kesenangan yang dirasa bila Anda ikuti situs. BuzzFeed di Facebook, OMGFacts di Twitter, atau Kim Kadarshian di Instagram.

Jika ini berlangsung, berhentilah mengikutinya supaya Anda tidak mempunyai kemauan selalu untuk memeriksa cuma untuk tahu berita paling baru mereka.

6. Pakai Pertolongan Pihak Ketiga untuk Melakukan Blocking

Anda merasakan habiskan kebanyakan waktu mencari akun media sosial pada hari kerja? Pakai pertolongan aplikasi faksi ke-3 untuk memblok situs tersendiri, seperti SelfControl Apps untuk Macs atau LeechBlock buat pemakai Firefox. Kehadiran aplikasi faksi ke-3 ini cukup menolong. Supaya Anda tidak konsentrasi habiskan waktu di situs media sosial hingga bisa jadi lebih produktif.

7. Buatlah Peraturan

Anda dapat membuat ketentuan spesial tentang jam akses satu akun. Seperti tidak ada Facebook sesudah jam 6 pagi sampai ketentuan akses Instagram diakhir minggu. Berusahalah selalu untuk patuhi ketentuan yang dibikin supaya detoks media sosial berjalan secara baik.

8. Manfaatkan Fitur Lists

Media sosial seperti Facebook serta Twitter mempunyai fitur daftar yang sangat mungkin pemakai mengatur akunfavorit dalam bagian-bagian. Pemakai dapat membuat daftar untuk “teman serta keluarga”. Hingga Anda bisa secara cepat tahu apa yang berlangsung pada mereka tanpa ada terusik up-date lain yang kurang penting.

Hal paling akhir yang butuh dikerjakan untuk menyukseskan pekerjaan. Kurangi ketergantukan pada media sosial ini dengan menyempatkan lebih banyaknya waktu untuk berhubungan dengan keluarga atau rekan dengan cara langsung. Bikinlah satu acara kecil dimana Anda serta orang terkasih. Dapat bertukar pemikiran serta share dengan bebas tanpa ada butuh pertolongan dunia digital. Selamat coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *