cara memperbaiki tombol home iPhone yang tidak berfungsi.

Salah satu tombol yang sangat penting pada ponsel pintar iPhone adalah tombol home. Tombol yang terletak di bagian bawah layar ini memang sangat sering mengalami kerusakan, terutama untuk iPhone yang di gunakan sudah sangat lama.

Apabila tombol home iPhone rusak sudah pasti aktivitas kita dalam menggunakan ponsel pintar iPhone akan terganggu. Jika memang tombol home pada iPhone kamu rusak, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya sendiri sebelum membawannya ke tempat service. Berikut ini adalah cara memperbaiki tombol home iPhone yang tidak berfungsi.

 

Cara Memperbaiki Tombol Home iPhone yang Tidak Berfungsi

 

1.Kalibrasi Tombol Home

Tombol home pada iPhone merupakan komponen yang sangay penting, jika bagian tersebut rusak atau tidak berfungsi maka kamu pasti akan merasa kesulitan untuk mengoperasikan iPhone. Ternyata ada cara untuk kalibrasi tombol home iPhone dengan mudah. Biasanya tombol home akan terasa keras atau tidak berfungsi secara utuh akibat dari penggunaan yang teralu lama. Berikut ini adalah cara kalibrasi tombol home iPhone.

  • Buka dan jalankan aplikasi apa saja, tahan tombol power hingga muncul tulisan “Slide To Power Off”. Biarkan saja tulisan tersebut.
  • Kemudian lepaskan tombol power
  • Selanjutnya tekan tombol home dengan perlahan, jangan terlalu keras dan tahan hingga kembali ke home screen. Jangan lepaskan hingga berhasil.
  • Bagaimana? apa ada perubahan pada tombol home.

Lakukan langkah-langkah di atas jika tombol home pada iPhone kamu sudah kaku. Jika belum berhasil atau tombol home masih kaku, kemungkinan tombol home tersebut sudah rusak.

 

2.Menyetel Konektor iPhone

Lamanya penggunaan iPhone juga dapat mengganggu fungsi dari tombol home. Masalah ini juga bisa timbul akibat dari konektor charger yang di lepas dan pasang dengan jangka waktu lama. Akibat konektor charger tersebut bisa saja tombol home berubah posisi menjadi sedikit miring.

Untuk memperbaiki tombol home, cukup pasang konekter ke iPhone, kemudian tekan dengan lembut ke arah atas. Cara ini di lakukan untuk memaksa tombol home naik ke atas dan bisa berfungsi dengan normal lagi.

 

3.Melakukan Restore iPhone

Melakukan restore adalah solusi paling mudah dan cara yang paling sering di lakukan untuk mengatasi masalah yang umum di alami. Salah satunya adalah untuk memperbaiki tombol home yang lag atau terasa lambat. Sebelum melakukan restore pastikan data-data dan file penting sudah di backup.

 

4.Membersihkan Tombol Home

Masalah lain yang kemungkinan terjadi adalah tombol home iphone tidak berfungsi dengan normal karena adanya tumpukan kotoran dan debu. Bersihkan permukaan tombol home dan sekelilingnya dengan tisu yang telah di celupkan ke dalam cairan alkohol. Bersihkan dengan perlahan dan berhati-hati.

 

5.Twist dan Spin

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki tombol home yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan twist dan spin. Caranya cukup meletakan iPhone di lantai, lalu tahan tombol sambil memutar iPhone searah jarum jam. Cara ini cukup ekstream, namun tidak ada salahnya untuk di coba.

 

6.Mengganti Tombol Home

Cara yang paling ampuh untuk memperbaiki tombol home yang rusak adalah dengan menggantinya dengan tombol home yang baru. Kamu dapat melakukan pergantian sparepart tombol home sendiri atau jika kamu tidak bisa maka dapat membawa ponsel pintar iPhone kamu ke tempat servis.

 

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk memperbaiki tombol home pada iPhone yang tidak berfungsi dengan normal. Jika cara di atas belum berhasil maka sebaiknya kamu membawa iPhone ke tempat servis center dari iPhone.

 

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *