Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Berfungsi

Layar sentuh atau touchscreen pada iPhone tidak berfungsi sebagai mana mestinya atau suka bergerak sendiri? Kadang ada saja iPhone seperti iPhone 6 yang sering mengalami masalah touchscreen tidak responsive.

Penyebab masalah tersebut ada beberapa penyebab. Pertama adalah masalah pada software dan yang kedua adalah masalah pada hardware. Jika masalah muncul pada software maka cara mengatasinya mudah saja.

Berbeda jika masalahnya terjadi pada hardware, proses perbaikan tentu harus melibatkan pergantian komponen di dalam iPhone yang tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang.

Namun kamu masih bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi masalah touchscreen iPhone tidak berfungsi.

 

Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Tidak Berfungsi

 

1.Update / Downgrade iOS

Bisa jadi masalah touchscreen iPhone tidak berfungsi tersebut adalah karena iOS di iPhone. Jika masalah terjadi setelah kamu melakukan update iOS maka kamu harus melakukan Downgrade iOS. Jika proses Downgrade sudah di tutup oleh Apple, maka kamu harus menunggu update berikutnya.

 

2.Restart

Mematikan dan menyalakan iPhone kembali tentu saja bisa kamu coba. Caranya juga sangat mudah. Kamu cukum tekan dan tahan tombol power hingga muncul perintah Slide to Power Off pada layar, tunggu hingga iPhone mati lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol power.

Proses restart akan mematikan semua sistem iOS di dalam iPhone dan kembali aktif saat kamu menyalakannya kembali. Secara normal melakukan restart akan memperbaiki beberapa kesalahan atau error yang terjadi pada sistem operasi. Bisa jadi masalah touchscreen tidak respnsive juga ikut hilang.

 

3.Matikan Semalaman

Jika kamu sudah melakukan restart tetapi masalah belum hilang, maka kamu bisa mencoba untuk mematikan iPhone semalaman. Pastikan jika kamu tidak melakukan apapun terhadap iPhone, biarkan saja.

Dengan mematikan iPhone dalam jangka waktu cukup lama, maka beberapa komponen di dalam iPhone akan beristirahat untuk sementara. Meskipun kemungkinannya kecil, namun tidak ada salahnya untuk kamu coba.

 

4.Reset

Dengan melakukan reset iOS maka sistem operasi akan kembali di atur ulang seperti baru. Seharusnya beberapa bug dan masalah akan ikut hilang setelah iPhone selesai di reset.

 

5.Restore

Proses restore juga memiliki dampak yang sama dengan proses reset. Namun bedanya proses restore melibatkan proses download iOS dari server Apple lalu melakukan install ulang pada iPhone kamu.

 

6.Kerusakan Pada Hardware? Bawa ke Service Center

Jika masalah memang terjadi akibat kerusakan komponen di dalam iPhone maka tidak ada cara lain, selain membawa iPhone kamu ke service center untuk melakukan pergantian pada komponen yang rusak tersebut. Kamu dapat pergi ke service center yang ada di Indonesia.

 

Bagaimana? apakah touchscreen iPhone kamu masih tidak berfungsi dengan baik. Maka jalan terakhir adalah dengan membeli iPhone baru.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *