Home / Tip & Trik / Gadget / Tips Membeli Ponsel Android Bekas

Tips Membeli Ponsel Android Bekas

Tips Membeli Ponsel Andoid Bekas | Belajaritsaja = Android – android lagi ! memang ponsel android disekitar saya lebih banyak digunakan ketimbang ponsel beerbasi IOS dan windows , setelah kemarin ponsel saya rusak akhirnya saya mulai berpikir untuk mengumpulkan dana unruk membeli ponsel bekas. Nah ! karena ponsel kemarin juga sudah saya ubek-ubek jadi saya sudah memiliki modal pengalaman  yang lumayan cukup untuk dapat memilih-milih ponsel bekas, untuk itu modal pengalaman saya yang sedikit ini saya akan bagikan untuk pembaca yaitu tips membeli ponsel android bekas :

Barang bekas belum tentu itu barang yang sudah rusak , barang bekas bisa saja masih bagus , contoh saja ada orang yang sebut saja kaya , dan inginnya selalu memiliki ponsel yang terbaru terus , jadi bosen ganti bosen ganti , itu salah satu keuntungan kita untuk dapat memiliki ponsel dari para pengguna tersebut.

Walaupun nanti anda juga tidak kebagian dari satu keuntungan diatas , anda masih bisa mendapatkan ponsel yang lumayan bagus bila anda menerapkan beberapa tips dibawah , selamat mencoba ?

  • Budget : sebelum anda membeli anda harus punya dana dulu kan ! nah dengan dana tersebut anda bisa memperkiran minimum harga dan maksimal harga .
  • Harga Pasaran : Dengan Budget perkiraan diatas anda bisa hunting harga pasaran . anda dapat hunting di counter-counter besar dan membandingkannya dengan hunting di toko online. Dengan Hunting di kombinasikan dengan Budget anda bisa memprediksi ponsel apa saja yang cocok dengan Dana anda dan spesifikasi kesukaan anda.
  • Kelengkapan : periksa kelengkapan dari ponsel yang anda beli dari : baterai, charger , headset, buku panduan , dusbook, dan Nota pembelian jika ada . Jika ada nota pembelian anda bisa melakukan cek apakah ponsel tersebut masih bergaransi atau tidak ! , sekalian anda bisa cek lama penggunaan ponsel tersebut.
  • Imei : jika ada kelengkapan dusbook coba cocokkan imei di ponsel  dengan imei di dusbook tersebut .
  • Baterai : Cek baterai secara fisik apakah sudah menggelembung (hamil) dan cek dengan anda memutar video/mp3 lalu setelah memutar mp3 coba restart ponsel tersebut dan perhatikan Bar baterai.
  • Sinyal : apalah arti kalau  ponsel tidak ada sinyal, jadi ujilah sinyal tersbut di daerah yang memiliki kuat sinyal , atau coba bandingkan sinyal dengan ponsel yang anda pegang.
  • Fitur : cek semua fitur dari ponsel tersebut dari : Bluetooth , Wifi, Kamera, Charging , USB , TouchScreen, Speaker , Microphone, port USB, LCD, tombol-tombol seperti : volume , power .
  • Garansi : Setelah anda memerikan semuanya coba anda mintalah garansi dari orang tersebut minimal 24jam , agar suatu saat bila ada kerusakan yang lain anda bisa tukar dengan yang lain.

Tambahan :

  1. *#06# = “cek imei”
  2. *#0*# = “cek fitur yang ada dalam ponsel”
  3. *#*#2664#*#* = “cek layar sentuh”
  4. *#*#3646633#*#* = “masuk enginer mode”
  5. cek root atau belum bisa menggunakan Root Cheker.APK  (by : joeykrim)

Percobaan Cek Pengalaman admin :

  • Pengaturan Pabrik : tips cek diatas mungkin terlalu biasa bagimana bila anda sebelum membeli anda coba kembalikan semua pengaturan ke pengaturan pabrik , setelah itu anda lakukan pengecekan seperti tips diatas , karena apa ! jika ponsel tersebut pernah di #Root atau pernah di #Flash , biasanya ponsel tidak akan bisa kembali seperti semula setelah di reset ke pengaturan pabrik, contoh saja A7s milik saya setelah waktu lalu di #flash di service ponsel tersebut setelah saya reset mengalami beberapa kendala seperti hilang imei dan wifi error , untuk menghindari itu tips dari admin ini bisa anda coba , tapi sebelum anda coba , lebih baik anda tanyakan dulu kepada penjualnya dahulu 😀

 

About Arman Budiman

Seorang otodidak yang sekedar berbagi pengalaman pribadi

Check Also

smartphone termurah huawei

5 Jenis Spare Part HP yang Perlu Kamu Tahu

Spare part HP merupakan bagian penting dari sebuah HP yang bisamembuat HP (Handphone) itu bisa berfungsi …

2 comments

  1. ada satu lagi yg kurang bro sebelum membeli hp bekas yakni “cek segel” pada hp yg ingin di beli, jika hp tersebut masih segel kemungkinan besar komponen dalam nya ori semua, namun jika udh gak segel susah di tebak.

    pengalaman temen saya beli hp gak segel, suatu ketika microphone kirim nya rusak, setelah di bongkar . wew komponen daleman nya sudah amburadul, penuh dg kabel putus dan bekas solder an bernatakan pada IC nya.

    #Pengalaman, jika berkenan bisa di tambahkan bro 🙂 smoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *