Ugh…Huawei Berhasil Mengalahkan Apple!

Makin ke sini, persaingan produk smartphone makin ngeri dan sukses bikin perih. Iya, kan? Ngeri karena tiap brand berlomba-lomba untuk membekali produknya dengan spesifikasi yang terbaik, terlengkap, sesuai keinginan konsumen. Kecanggihan-kecanggihan yang tertanam pada smartphone pelan-pelan dapat menjawab keinginan pangsa pasar. Semantara aku, belum bisa beli seri terbaru milik brand A, eh sudah keluar seri terbaru lagi dari brand H di mana spesifikasinya lebih tinggi tapi harganya ramah dompet. Kan bikin perih. 🙁

Persaingan brand untuk mendapatkan hati atau bahkan menggoyahkan hati para penikmat gadget memang sangat ketat. Kabar paling menakjubkan baru-baru ini adalah tentang persaingan brand smartphone yang sama-sama sudah eksis.

Adalah Apple VS Huawei.

Siapa sangka Huawei berhasil merebut peringkat kedua market smartphone global pada Q2! Ya, menurut riset terbaru Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker dari International Data Corporation (IDC), Huawei telah menduduki ranking kedua di pasar smartphone global dengan market share 15,8 persen, untuk kali pertama mengalahkan Apple dengan selisih 3,7 persen di seluruh kuartal ini. Keren banget, ya.

Pencapaian ini tentu tidak cuma-cuma, dong. Ada rahasia keberhasilan brand dengan logo kipas merah ini, yaitu konsistensi dan investasi besar pada Riset dan Pengembangan. Di Huawei, lebih dari 10 persen revenue diinvestasikan pada research and development (R&D) setiap tahun. Menurut laporan tahunan 2017, ada sekitar 80 ribu staf yang bekerja di R&D, mencapai 45 persen dari total seluruh karyawan. Menurut laporan 2017 EU Industrial R&D Investment Scoreboard dari Komisi Eropa, terkait investasi di research and development, Huawei duduk di ranking 6 di antara seluruh raksasa teknologi dunia pada 2017. Selain itu, konsisten dalam memproduksi smartphone yang berkualitas, berteknologi, dan desain terbaik, membuat Huawei makin disukai oleh konsumen global. 

Kenapa Huawei Berhasil Mengalahkan Apple?

Selain konsistensi dan investasi besar pada Riset dan Pengembangan, Huawei juga merekrut orang-orang terbaik di dunia untuk memperkuat lini riset dan pengembangan. Yang tak kalah kerennya, Huawei membangun fasilitas untuk keahlian khusus, seperti pusat algoritma di Moskow, pusat desain UX di San Francisco dan pusat desain di London, pusat estetika di Paris, dan pusat pengembangan teknologi 5G di Jerman.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, mengatakan bahwa “Huawei tidak berinovasi untuk menghasilkan temuan yang eksotis, tapi inovasi yang diciptakan memfokuskan pada kebutuhan pengguna, sinergi software dan hardware, dan menciptakan value bagi konsumen.” Dari sini lah, brand yang dulunya tidak begitu dikenal oleh masyarakat, kini bisa sukses melejit menjadi perusahaan global yang mampu merebut posisi kedua di pasar smartphone global.

Untuk menciptakan smartphone kamera terbaik, Huawei bekerja sama dengan Leica sejak 2016 untuk mengembangkan teknologi lensa dan foto, sejak 2016. Ya, kerja sama atau kolaborasi ini menjadi sangat penting supaya produk yang dikeluarkan nantinya dapat maksimal sesuai denagn keinginan konsumen. Huawei sendiri telah menerapkan strategi kolaborasi dengan partner kelas dunia untuk menciptakan benchmark tak tertandingi di industri.

Sebagai contoh, pada paruh pertama tahun ini, produk premium P20 Pro dengan triple camera pertama di dunia, telah meraih skor tertinggi dari perusahaan pengotorisasi kualitas foto DxOMark. Huawei juga berpartner dengan brand mewah Porsche Design pada edisi khusus seri Mate, yang direspons sangat baik di pasar smartphone mewah

huawei seri nova 3i

Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi Huawei!

Berbicara soal merek Huawei, perkembangannya di Indonesia belum begitu menggeliat. Meski demikian, Huawei optimis dapat menggoda pangsa pasar, khususnya Indonesia, dengan teknologi dan desain yang makin elegan. Ya…tahu sendiri lah ya, masyarakat Indonesia termasuk konsumtif perihal gadget. Makanya, Huawei akan terus meningkatkan penjualan melalui penguatan jalur distribusi online dan offline, supaya makin lekas menjangkau masyarakat yang menginginkan smartphone terbaik. Aku saja baru paham bahwa produk Huawei makin ke sini semakin “sadis”. Nampak dari teknologi dan desainnya, makin bikin nyeri kalau sampai tidak bisa memilikinya. Ya…minimal bisa nyobain lah ya, meski milik teman. 😆 😆

smartphone termurah huawei

Nah, karena sekarang sudah berhasil melampaui Apple, Huawei akan melanjutkan strategi sebagai pemimpin perusahaan teknologi global yang mengedepankan teknologi terbaik untuk merebut kepercayaan dan preferensi dari konsumen, membawa produk-produk kebanggaannya, dari kelas premium sampai entry level, ke Indonesia, dan berjuang menjadi merek teknologi ikonik favorit bagi konsumen Indonesia.

Eh, kalian sudah pernah nyoba pakai smartphone dari Huawei? Boleh lah sharing berdasarkan pengalaman sebagai pengguna. 😉

notes: foto di atas diambil dari https://www.yugatech.com

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *