Waspada Ponsel Kamu Kena Hack

By | 02/09/2019

Ceristekno – Waspada Ponsel kamu kena hack, admin ceristeko sering mengingatkan ini setelah kemarin admin share tentang atm kali ini masih berhubungan dengan keamanan akun-akun kamu yang berbahaya jika sampai kena hack/bajak, bisa-bisa sang pembajak membuka semua file yang ada didalam ponsel kamu terutama file scan KTP, Rekening, data PIN ATM dll.

Dikutip dari Josh Galindo, director of Training uBreakiFix, memberikan beberapa ciri-ciri ponsel kamu kena bajak atau kena hack, berikut silahkan disimak :

Ciri-ciri ponsel kamu kena bajak atau HACK

  • Telepon atau SMS , disaat kamu mendapat telpon atau sms dari nomor yang tidak kamu kenal, dan sang penelpon atau yang sms bisa mengetahui nama kamu, maka kamu perlu waspada. Bisa saja itu adalah Malware yang berusaha mencari data yang berada diponsel kamu, Segera lakukan pengecekan panggilan terakhir, cek pulsa, cek wallet dan aplikasi yang berhubungan dengan uang, lakukan pengecekan apakah ada pengurangan pada saat tersebut.
  • Pop up , Walaupun Pop up tidak sepenuhnya menandakan itu virus malware tapi anda juga harus berhati-hati , karena saat Pop up keluar itu sudah tergolong dengan Adware, Adware ini memaksa perangkat kamu membuka halaman tertentu dan mengarah ke iklan, nah jika kamu klik iklan tersebut kamu bisa terkena Malware. Pop up yang saya jelaskan ini bukan Pop up saat kamu membuka Browser atau saat kamu ingin mengunduh sesuatu dari Browser, Pop up yang saya jelaskan ini adalah Pop up yang tiba-tiba keluar sendiri saat kamu tidak melakukan aktifitas sama sekali.
  • Aktifitas tak biasa , saat kamu mendapatkan email muncul notifikasi jika akun kamu dibuka oleh perangkat lain, maka kamu harus segera waspadai dan segera lakukan perubahan pasword secara berkala. Biasanya muncul notifikasi via email meminta reset password atau muncul ada perangkat baru yang terhubung dengan akun anda, akun yang saya jelaskan ini bukan hanya akun email saja, cek akun sosial media kamu juga.
  • Boros Kuota & Boros baterai , Tanda-tanda ponsel kamu sedang di sadap adalah saat pengguna lainnya adalah saat kamu merasakan Boros dalam penggunaan Paket data dan Baterai bisa saja hal tersebut menandakan bahwa ponsel kamu sedang di sadap atau dimata-matai.
  • Aplikasi Berhenti , Aplikasi sering crash atau tiba-tiba berhenti, layar hang kemungkinan malware terlalu membebani perangkat ponsel kamu.

Cara Mencegah Hal Tersebut

  • Jangan menggunakan aplikasi bajakan atau jangan menggunakan aplikasi yang bukan dari google play store (unduh sendiri)
  • Jika ada Penelpon atau SMS meminta PIN Bank anda abaiakan atau hiraukan saja karena sangat jelas itu bukan dari pihak bank
  • Jika perangkat kamu merasa sudah terjangkit malware, lakukan setel pabrik untuk menghindari pembajakan.
  • Sekian terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *