Home / Tip & Trik / Tips Mencegah Pencurian PIN ATM

Tips Mencegah Pencurian PIN ATM

Ceristekno – PIN ATM adalah kode yang sangatlah penting yang harus kamu jaga, jangan sampai PIN tersebut dicuri orang lain, lalu bagaima ya cara mengamankan PIN tersebut , kali ini akan admin share Tips mencegah Pencurian PIN ATM kamu.

Seberapa sering sih kamu melakukan aktifitas yang berurusan dengan kartu ATM , dari seberapa sering kamu transfer uang, belanja online dll, lalu aman tidak ya jika PIN ATM kamu itu tidak sering kamu ganti dengan banyaknya aktifitas transaksi dengan ATM kamu .

Dalam beberapa bulan ini (sesuai tanggal post) beberapa pegawai di instansi yang sama dengan saya mengalami kerugian yang banyak karena ATMnya terbobol sampai berjuta-juta, Nah tujuan posting ini hanya untuk mencegah atau memberikan sedikit tips mencegah pencurian PIN ATM, agar kamu tidak mengalami hal yang sama dengan orang yang lain.

Tips Mencegah Pencurian PIN ATM

  • Pilih PIN yang Baik : Jika saya seorang yang sering bobol password maka pin yang mudah dibobol adalah : 12345, tahun kelahiran, tanggal lahir plus bulan,digit terakit nomor ponsel kamu, 11111, 22222, 33333 dst, maka jangan sampai kamu menggunakan PIN yang saya sebutkan diatas.
  • Beda Kartu ATM Beda PIN : Gunakan PIN yang berbeda disetiap ATM untuk menghindari kebobolan di semua ATM kamu.
  • Jangan Berikan ke Orang lain : jangan pernah memberikan PIN kamu ke orang lain , walaupun di minta melalui telpon, email.
  • Jangan Disimpan : jangan ditulis PIN dibelakang ATM, jangan tulis PIN di ponsel maupun dibuku, usahakan simpan di pikiran kamu.

Tips & Trik

  • Selalu pantau rekening, sempatkan dirimu untuk mampir ke bank untuk cetak transaksasi di buku tabungan.
  • Gunakan Kartu ATM di ATM yang sama.
  • Sebelum anda memasukkan PIN pastikan sekeliling anda aman, dan saat memasukkan PIN tutupi sata atasnya dengan tangan anda, untuk berjaga-jaga jika nanti ada cctv kecil diatas tombol angka ATM
  • Sering ganti PIN kamu secara berkala
  • Carilah atau gunakan PIN yang mudah diingat, tapi coba rubah digit angka depan atau belakang, coba dikurangi atau ditambah .
  • Selamat mencoba 😀

About Arman Budiman

Seorang otodidak yang sekedar berbagi pengalaman pribadi

Check Also

Beberapa Cara Jitu Dalam Mengoptimalkan Kamera Android

Ceristekno.com – Suasana libur begini paling enak bertamasya ke tempat wisata. Lalu foto-foto sepuasnya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *