Home / Tip & Trik / Teknisi / Cara Cek Koneksi Kabel UTP

Cara Cek Koneksi Kabel UTP

Sahabat Belajar IT. Kemarin Om Arman telah memberi tips dan trik cara crimping kabel UTP. Tips yang sangat simpel itu ternyata banyak diserbu penggemarnya. :mrgreen: Saya melanjutkan output dari sebuah crimping, yaitu Cek Koneksi Kabel UTP.

Setelah crimping selesai, kemudian kita bisa mengujinya untuk mengetahu hasilnya. Bisa digunakan atau tidak, berfungsi atau tidak. Pada saat uji coba, Om Arman menyarankan untuk menggunakan LAN Tester atau langsung dicolok ke LAN Card (ada pada PC bagian belakang). Anda bisa memilih salah satu cara di atas.

LAN tester adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengecek kabel UTP yang telah terpasanag di RJ-45 atau RJ-11. RJ-45 yaitu konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan untuk dalam topologi jaringan komputer LAN, maupun jaringan komputer tipe lainnya. Sedangkan RJ-11 yaitu konektor yang umunya digunakan untuk saluran telephone umum.

Terus, bagaimana cara cek koneksi kabel UTP menggunakan LAN Tester? Caranya sangat mudah. Anda cukup menyediakan satu alat saja, yaitu LAN Tester. Cara cek koneksi kabel UTP sebagai berikut:

  1. Gabungkan ke dua LAN Tester (biasanya terpisah). Besar (atas) untuk lubang konektor RJ 45 (kanan) + RJ11 (kiri). Kecil untuk RJ-11 (bawah) dan RJ-45 (atas) ;
  2. Masukkan kedua konektor (RJ-45) ke dalam dua buah lubang (atas) yang berdampingan;
  3. Perhatikan tombol On-Off yang ada disebelah kiri. Nyalakan LAN Tester ;
  4. Lihat dengan cermat angka yang ada pada LAN Tester;
  5. Jika semua lampu menyala (secara bergantian), maka crimping berhasil. Namun, jika ada salah satu lampu tidak menyala, maka ada kesalahan ketika crimping. Tepatnya meletakkan kabel posisi kabel UTP.

Anda bisa juga cek kabel UTP tanpa LAN Tester. Yaitu dengan cara colok langsung pada lubang LAN Card. Lihat dengan cermat. Jika crimping berhasil, maka ada indikasi lampu menyala dan atau berkedip hijau. Jika lampu tidak menyala, berarti Anda perlu melakukan crimping lagi. 😉

Cara Cek Koneksi Kabel UTP menggunakan LAN Tester lebih mudah. Semoga bermanfaat. Salam Senyuum. . .^_*

About Idah Ceris

Check Also

Cara Merubah FONT Pada Printer Seri LX-300 & LX-300+

Ceristekno kali ini akan membahas Cara Merubah FONT Pada Printer Seri LX-300 & LX-300+ , …

3 comments

  1. Misi Bro/Sis sebelumnya makasih atas infonya,
    sy mau nanya, sy & teman sy membuat kabel UTP untuk menyambungkan 1 pc ke pc lainnya, sy coba cek kabel utp yang sy buat langsung di Pc kampus sy, kabel trsbut ujung yg 1 sy colok di CPU yg 1 nya lg sy colok di Switch, nah yg sy ingin tanyakan NYALA lampu di Cpu yg punya sy nyala lampu di cpuny berkedip.

    Nah yang satunya punya teman sy malah nyala terus-terusan..
    Menurut Bro/Sis itu pembuatan kabel utp yg saya buat sudah benar atau belum??

    • Arman Budiman

      coba ping : masuk commandpromt = Rum / CMD / ketik : ping 192.168.1.2 -t (192.168.bla.bla di ganti ip teman anda) kalau koneksi stabil tidak ada timeout dan lumayan bagus kok 😀

      • 😀 Nice tips broh tengkyu 😛
        sebelumnya sempet bimbang sama nyala lampu di CPu, tp stelah pembuktian lewat cmd kyanya bener deh kbel gua ^-^

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: