Home / Tip & Trik / Teknisi / Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris . Hasil Print yang bergaris pasti pernah anda alami saat anda melakukan print out , apalagi bagi anda yang bekerja di pengetikan dan cetak foto. Apapun merk printer anda pasti mengalaminya , apalagi jika Printer anda sudah terpasang infus (printer dibuatkan box tampungan tinta dengan selang yang menuju ke cartridge) , pasti ada kemungkinan selang infus tersebut masuk angin (ada udara di selang) yang menyebabkan aliran tinta tidak lancar, lalu bagaimana cara anda untuk mengatasinya ,mari kita sama-sama belajar mengatasinya sendiri tanpa harus membawa tukang service printer kerumah.

Biasanya kalau untuk Print out yang isinya tulisan saja tanpa warna seperti proposal, makalah , atau tugas-tugas sekolah , warna hitam jadi faktor paling utama. Jika tampungan tinta hitam masih ada proses print tidak akan mengalami kendala , tapi berbeda lagi jika anda print gambar yang berwarna-warni , hasilnya akan buruk jika anda tidak melakukan test terhadap print dulu , mari kita belajar bersama-sama , langkah awal sebelum anda melakukan print out , bergambar.

langkah pertama : Sebelum anda melakukuan print out Foto atau gambar dengan ukuran besar sebaiknya anda melakukan cek di bagian-bagian berikut : Pertama periksa tinta printer tinta , ada kotak bar warna yang menjukkan kapasitas tinta printer anda , jika sudah memakai infus cek saja box tampungan tinta . Kedua periksa selang infus kamu apakah terlipat atau tidak , posisikan tidak terjepit sesuatu ,dan posisi selang tidak terlalu dibawah atau tidak terlalu diatas kendalanya jika terlalu dibawah nanti tinta sulit naik , dan terlalu diatas nanti tinta tidak terkontrol saat keluar , malah pernah saya mengalami tinta printer jadi luber/banjir dan memenuhi cartridge, dan hasilnya saat proses printout malah membanjiri kertas . Ketiga cek box infus sudah terbuka atau belum , usahakan terbuka untuk proses mengalirnya tinta , jika box tinta infus tersebut anda tutup , nanti tinta tidak bisa mengalir ke printer .

langkah kedua : setelah langkah pertama anda lakukan dengan baik , lalu langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan tinta yang dikeluarkan apakah keluar dengan lancar ,langkah-langkah yang harus dilakukan ialah : pertama melakukan Nozzle Ceck, siapkan kertas print lalu , masuk ke Device and Printer dari Start>Device and Printer, lalu pilih type printer kamu , atau bisa  juga dengan cara masuk ke Microsoft Office (atau program lainnya seperti Power point, Excel ,photoshop, Corel dll) tekan CTRL + P (Print) >Properties. Lalu masuk ke “Printing Preferences” masuk ke menu Maintenance, lalu pilih Nozzle Ceck (Nozzle ceck adalah maintenance untuk ceck aliran tinta putus-putus atau tidak) , nanti akan ada proses print out , silahkan ceck hasil print out tersebut , biasanya ada beberapa garis warna yang menujukkan hasil dari print anda bagus atau tidak , jika semua garis warna putus-putus tapi tampil semua seperti ini (————————–) hasilnya bagus , tapi jika seperti ini (— –  — — —    – -) hasilnya kurang bagus, lalu apa yang perlu dilakukan , lanjut ke langkah ketiga .

langkah ketiga : Nozzle Ceck sudah dan hasilnya belum maksimal ,lalu anda harus melakukan Head Cleaning (yaitu proses membersihkan head dan membuang angin untuk memperlancar aliran tinta) , proses Head Cleaning ada di menu sama dengan Nozzle Ceck (tepatnya dibawah Nozzle Ceck) , Tekan Head Cleaning , tunggu Proses dan setelah selesai lakukan Nozzle Ceck lagi , periksa apakah sudah bagus atau belum jika belum maksimal ulangi Head Cleaning lagi.

langkah keempat : saya buka microsoft office lalu membuat 4 kotak panjang saya beri warna : biru , merah, kuning, hitam , lalu saya print out , disitu anda bisa lihat warna apa yang ternyata kurang bagus keluarnya

tambahan :

  • proses head cleaning memakan waktu yang lumayan sedikit lama , dan langkah head cleaning biasanya tidak hanya dilakukan sekali atau dua kali saja.
  • proses head cleaning juga membuang tinta printer kamu , jadi sebelum anda melakukannya cek dahulu kapasitas tinta anda.
  • selamat mencoba 😀

About Arman Budiman

Seorang otodidak yang sekedar berbagi pengalaman pribadi

Check Also

Cara Merubah FONT Pada Printer Seri LX-300 & LX-300+

Ceristekno kali ini akan membahas Cara Merubah FONT Pada Printer Seri LX-300 & LX-300+ , …

2 comments

  1. Sering sekali, bahkan print out berupa teks pun huruf tidak penuh, ada garisnya, dicoba head clean beberapa kali tetap tidak mengatasi masalah, pakai kualitas print yang tinggi, garis hilang tp ngeprintnya lambat padahal perlu waktu cepat, akhirnya ganti cartridge 🙁

    • Arman Budiman

      iya mas , saya sering mengalaminya juga , tapi beda merk juga beda kecepatan kok mas , paling cepet HP dengan tinta hitam saja , wush-wush :v

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: