Home / Tip & Trik / Teknisi / Cara Termudah Backup dan Restore Driver Kamu Bagian 2

Cara Termudah Backup dan Restore Driver Kamu Bagian 2

Setelah minggu lalu saya share tentang cara backup driver termudah , kali ini saya akan melanjutkan postingan kemarin yang sempat saya lewatkan yaitu cara restore driver yang saya jelaskan di posting yang sebelumnya yang menurut saya bila kemarin saya post semuanya , sepertinya akan membuat pembaca menjadi bosan karena terlalu banyak huruf yang akan anda baca.

kali ini langsung saja ke point utama postingan ini yaitu cara restore driver , untuk cara backup dan aplikasi yang saya pakai sudah saya sebutkan di postingan sebelumnya .

keterangan :

  • posting sebelumnya silahkan copas url ini :  “https://goo.gl/GBnYi6”
  • sebelum anda memulai restore silahkan persiapkan dulu file backup driver yang anda backup kemarin, pastikan benar-benar dimana lokasi letak backup driver tersebut.
  • ada 2 metode yang akan saya gunakan , yaitu restore otomatis dan restore manual

Restore otomatis :

untuk cara restore otomatis caranya sangatlah mudah, silahkan ikuti tahap-tahap berikut :

persiapkan dulu aplikasi DriverBackup! dan backup driver anda. lalu jalankan aplikasi DriverBackup! (DrvBK.exe) , anda akan disuguhkan tampilan seperti berikut :

pilih menu restore>>open backup file>>cari file yang ber ekstensi “.bki” (lihat gambar) , tunggu sebentar untuk proses pendataan driver. Sebelum ke proses restore saya jelaskan dahulu , proses restore dapat anda lakukan sesuai kemauan anda , pertama anda dapat merestore semua driver yang ada , atau anda hanya memilih beberapa driver yang anda gunakan.

lanjut ke proses restore , jika ingin semua driver anda restore , tinggal klik kanan pilih “All” atau “Select All” , lalu klik restore

langkah terakhir yaitu dengan tandai (centang) semua , lalu klik Restore untuk proses restore driver , tunggu sampai selesai , lalu restart PC atau laptop anda.

Restore manual :

restore manual adalah restore driver secara manual , dan hanya bisa dilakukan satu persatu driver, cara ini bisa anda lakukan dengan driver bawaan laptop anda sendiri atau juga bisa dari backup driver dari aplikasi yang saya sarankan sebelumnya , caranya sangat mudah , klik kanan My computer >> Manage >> Device manager atau Control Panel >> Device manager lalu perhatikan gambar dibawah ini :

Gambar diatas adalah gambar dari laptop yang baru saya install windows 7 , dan itu belum diinstali apa-apa sama sekali, perhatikan yang saya tandai kotak merah , itu adalah tanda bahwa di laptop tersebut membutuhkan driver tersebut agar berjalan dengan baik, lanjut ke proses manualnya , anda tinggal klik salah satu driver yang ada tanda serunya lalu :

Update Driver

Browse my computer for driver >> lalu Browse pilih folder lokasi backup driver anda

Tekan Next lalu windows akan Scan otomatis Driver yang nantinya akan digunakan

Cara manual ini dapat anda lakukan untuk driver yang laiinya , silahkan dicoba terima kasih.

Nb :

  • restore otomatis dan manual mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri , silahkan share pengalaman anda disini .
  • jika ada yang mengalami permasalahan seputar update , install atau uninstall driver bisa ditanyakan disini.
  • jika ternyata anda install driver tersebut berulang-ulang dan masih error , pengalaman saya pernah mengatakan bahwa itu hardwarenya , biasanya yang sering error port USB, jadi driver usb tidak bisa diinstall

About Arman Budiman

Seorang otodidak yang sekedar berbagi pengalaman pribadi

Check Also

Cara Merubah FONT Pada Printer Seri LX-300 & LX-300+

Ceristekno kali ini akan membahas Cara Merubah FONT Pada Printer Seri LX-300 & LX-300+ , …

One comment

  1. aku kalo udah eror kompi or leptop or hp langsung nyerah,langsung cari ahlinya secepatnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: