Home / Tip & Trik / Teknisi / Solusi CorelDraw Error dan Tidak Bisa Save File

Solusi CorelDraw Error dan Tidak Bisa Save File

Coreldraw, pastinya sudah pada tahu tentang aplikasi ini. Betul aplikasi untuk mendesain, entah itu desain vector ataupun desain lainya.

Tahukah kamu! Corel draw versi 1 (1989), instalasinya hanya menggunakan 2 disket 3,5 inch. Cukup handal untuk membuat ilustrasi / gambar pada saat itu, karena sudah dilengkapi dengan Bezier Tool dan Shape Tool

Beberapa waktu lalu, ada sesuatu yang membuat saya penasaran tentang CorelDraw X4 yang sering error sendiri. Sampai beberapa hari saya bolak balik kewarnet untuk uji coba dan hasilnya apaan hayo? Tidak membuahkan hasil sama sekali! Sampai dibatas kesabaran saya, saya melakukan install ulang lebih dari dua kali dan hasilnya masih error. -_-

Nah pas sudah ketemu jawabannya, kali ini saya akan sharing pengalaman saya ini, agar suatu saat dapat berguna untuk yang lain :

Permasalahan :

  1. Pertama mucul Coreldraw Has Stoped Working (saat pertama kali dijalankan)
  2. Kedua tidak bisa melakukan Export, Import, Save.

Pencarian solusi :

  • Run Administrator | gagal
  • Run this program in compatibility mode for | gagal
  • Re-install coreldraw | gagal

Prediksi permasalahan :

  • Coreldraw saya mulai error setelah perangkat laptop saya terkoneksi dengan internet , nah setelah itu baru sadar , dan mulai bisa menebak saya, kemungkinan terbesarnya adalah aplikasi tersebut terdeteksi bajakan.

Cara mengatasi:

  1. Memundurkan waktu, hari , bulan , bisa juga tahun. Sederhanya adalah merubah setting jam mundur dari waktu yang sebenarnya , contoh hari ini tanggal 24/10/2017 , anda harus merubahnya 24/9/2017 (contoh saja)
  2. Restore point : jika anda membuat restore point sebelum instalasi coreldraw , atau membuat restore point sebelum coreldraw rusak , anda dapat melakukan restore point tanpa kelihangan sesuatu apapun.
  3. Cara ketiga adalah memasukkan PSIKey_2.dll ke : Local Disk (C:)>Program File>Common Files>Protexis>License Services.  Dan pastikan dll* tersebut sudah aktif , anda bisa mengeceknya di : windows+R> masukkan kata “services.msc”> cari “Protexis Licensing V2” pastikan sudah berjalan seperti gambar dibawah.
  4. Jika anda tergesa-gesa diburu deadline , sementara anda bisa memakai coreldraw versi portable.
  5. Cara terakhir yang tidak recomended sekali adalah melakukan install ulang windows anda.

nb:

  • Sebelum anda memulai coreldraw terlebih dulu perhatikan menu save, export bisa dipakai atau tidak, kasihan kan sudah gambar / desain eh ujung-ujungnya tidak bisa disave (pengalaman pribadi)
  • permasalahan yang saya alami ini mungkin sama dengan anda , tapi solusi diatas belum tentu berhasil diperangkat anda.

About Arman Budiman

Seorang otodidak yang sekedar berbagi pengalaman pribadi

Check Also

Cara Merubah FONT Pada Printer Seri LX-300 & LX-300+

Ceristekno kali ini akan membahas Cara Merubah FONT Pada Printer Seri LX-300 & LX-300+ , …

6 comments

  1. makasi mz

  2. Mas..sy sudh uninstalled window Dan instal ulang corel x7 Sukses smua..hanya saja pass export atau save ..application stop working terus..knapa Ya? 1 thn yg lalu lancar2 saja.

    Spek laptop sy..sy rasa cukup
    i3 ram 4gb VGA nvidia 2gb plus integrated 2gb

    Mohon pencerahannya mas ? Thanks

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: