Solusi Tidak Bisa Set Default Printer dan Error 0x00000709

Solusi tidak bisa set default printer – Tidak Bisa Set Default Printer merupakan salah satu permasalahan yang mungkin begitu menggangu anda , terutama  saya pribadi merasa terganggu dibulan ini, karena beberapa printer di tempat saya banyak yang baru , jadi mau tidak mau masalah ini harus segera saya selesaikan.

Jujur saya pribadi mengumpulkan beberapa artikel dari searching google dan beberapa dari pengalaman pribadi saya , karena masalahnya sama belum tentu solusinya sama juga. Langsung saja karena tutornya agak panjang!

Permasalahan yang ditemukan :

  1. Tidak bisa set print default
  2. Hapus Printer dari :  Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers . Mucul Error 0x00000709
  3. Beberapa aplikasi bisa melakukan print out secara lancar seperti Microsoft office , tapi di beberapa aplikasi lainnya muncul warning error “Set Your Print Default”, saya sendiri mengalaminya di salah satu aplikasi “Pilar” yaitu aplikasi manajemen Rumah sakit .

Beberapa Solusi tidak bisa set default printer dan error 0x00000709

cara menghapus printer device

    • Hapus Printer and Faxes melaluiControl Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers dan klik kanan remove device semua device printer yang ada. lalu Restart Komputer/Laptop anda dan ulangi set default printer lagi.
    • Merubah User Account atau menggunakan Account baru melaluiControl Panel\All Control Panel Items\User Accounts\Manage Accounts > Create a new Account > Isi kolom namanya > pilih Administrator > Create account > Restart Komputer kamu > Pilih Account yang baru kamu buat tadi > Lakukan set default Print lagi.

  • Menghapus Device melalui Regedit Caranya : tekan Windows + R > lalu masukkan “regedit” > nanti anda akan masuk ke “Registry Editor” . Masuk ke : HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Windows . Klik dua kali “Device” . Disitu terlihat Print yang tersetting Default. nah itu sebenarnya masalah utamanya print kamu tidak bisa di set default, untuk mengatasinya kamu harus menghapus Device tersebut dengan cara klik kanan Device dan pilih Delete*. Restart komputer kamu dan lakukan set default printer lagi.

Pengalaman Admin :

  • Masalah admin sendiri hanya bisa teratasi dengan menghapus Device melalui Regedit saja.

nb :

  • Cara diatas tidak semua mutlak harus menggunakan cara seperti itu , seperti contoh untuk masuk device and printer anda tidak juga harus masuk lewat control panel anda bisa menggunakan cara lain sesuai kebiasaan anda , itu juga berlaku untuk user account dan masuk ke regedit
  • *Jika anda tidak bisa Delete “Device” di Regedit , anda harus merubah Permissionnya dengan caranya masuk di Regedit tadi , perhatikan menu paling atas di registry editor tersebut disitu ada pilihan : File | Edit | View | Favorites | Help . Nah kamu klik “edit” dan pilih “Permissions” lalu ceklist / centang “Full control” di Allow. dan ulangi langkah delete Device tadi .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *