Cara ambil screenshoot di PC dan Laptop

Apakah kamu pernah merasa kebingungan bagaimana cara screenshoot Laptop dan Komputer PC kamu? Hal ini sering di alami oleh beberapa orang yang baru belajar menggunakan PC atau baru membeli Laptop baru. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengambil screenshoot di layar PC, salah satunya adalah dengan menekan tombol Print Screen.

Tapi ternyata masih ada kombinasi tombol lain yang jarang di ketahui oleh orang. Nah, pada artikel kali ini akan di ulas beberapa cara mengambil screenshoot di layar Laptop maupun PC dengan mudah.

Cara Screenshoot di Laptop dan PC

Sistem operasi windows sebenarnya memiliki beberapa opsi untuk melakukan screenshoot pada layar Laptop atau PC. Selain menggunakan tombol Print Screen, ternyata masih ada kombinasi tombol lainnya. Simak ulasannya di bawah ini.

1.Tombol Print Screen

Menggunakan fungsi tombol Print Screen atau PrtSc SysRc adalah cara yang paling umum di lakukan pengguna PC maupun Laptop untuk mengambil screenshoot di layar.

Dengan menggunakan tombil ini akan menghasilkan screenshoot yang akan menampilkan seluruh tampilan dan elemen yang ada pada layar. Tombol ini sendiri biasanya terletak pada sisi kanan atas keyboard.

2.Kombinasi Tombol Alt + Print Screen

Kalau kamu menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen, kamu hanya akan mengambil gambar pada jendela yang sedang aktif. Jadi jika kamu membuka dua jendela maka yang akan di ambil screenshoot-nya adalah jendela yang kedua.

Misalnya saja kamu membuka Google Chrome dan kemudian membuka Microsoft Office, maka yang akan di ambil adalah screenshoot dari Microsoft Office saja.

3.Kombinasi Tombol Windows + Print Screen

Apa kamu butuh cara ambil screenshoot di Laptop dan PC yang lebih praktis? Kamu bisa secara otomatis mengambil screenshoot dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen.

Saat mengambil screenshoot dengan kombinasi tombol ini, maka layar Laptop atau PC kamu akan berkedip. Kamu bisa melihat hasil screenshoot yang sudah kamu lakukan pada File Explorer.

4.Snipping Tool

Sistem operaso windows sebenarnya sudah menyediakan tools praktis untuk mengambil screenshoot bernama Snipping Tool. Apalagi tool yang satu ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai kustomisasi dalam mengambil screenshoot.

Kamu bisa menemukan tool ini pada menu search dan tuliskan “Snipping Tool”, maka jendela Snipping tool akan muncul pada layar. Klik New jika kamu ingin mengambil screenshoot baru.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshoot pada layar Laptop maupun PC selain menggunakan tombol Print Screem.

Tinggalkan Balasan