Cara Mengatasi Windows 10 update otomatis

Cara Mengatasi Windows 10 update otomatis | Windows 10 merupakan windows yang paling banyak membutuhkan koneksi internet , lebih dari 70% aplikasi yang tertanam default di windows tersebut membutuhkan koneksi internet, berbeda dengan pendahulu-pendahulunya, tanpa koneksi internet sama sekali, semua dapat berjalan dengan normal tanpa kendala apapun.

Menurut pengalaman pribadi saya sepertinya windows 10 kurang cocok digunakan oleh pemula dibandingan dengan windows 7 kebawah , windows 10 membutuhkan orang yang hobi utak-atik untuk mendapatkan performa dan tampilan sesuai pengguna.

Cara mengatasi windows 10 update otomatis

Diwindows 10 hal yang paling menggangu adalah saat terkoneksi internet tiba-tiba windows tersebut melalkukan update otomatis , walaupun sudah melakukan setting disable auto update automatic , update tersebut berjalan , sehingga menguras kuota internet dan membuat komputer atau laptop anda menjadi lemot karena sedang ada proses download update otomatis.

Berikut admin akan membagikan cara mengatasi windows 10 update otomatis. Fungsi windows update adalah sebenarnya memperbarui system secara berkala , memperbaiki masalah-masalah seperti di tinggat keamanan, ada kegagalan berjalannya salah satu aplikasi, update driver, detektsi windows bajakan, tapi fungsi update tidak menutup kemungkinan juga bisa menimbulkan bug/masalah baru di windows tersebut, nah dengan mematikan fungsi update anda harus tahu negatif dan positifnya fungsi tersebut. Berikut beberapa cara mengatasi windows 10 update otomatis

Menghentikan windows 10 update otomatis secara paksa melalui update service.

  1. Tekan tombol windows + R secara bersamanan dan ketikkan “services.msc” lalu tekan OK
  2. Cari service dengan nama “Windows Update” double klik dan akan muncul menu baru, lihat di pilihan “Start type”, pilih Disable dan klik Apply atau OK untuk menyimpan perubahan.

Cara mematikan update otomatis windows 10 dengan Group Policy Editor (gpedit)

  1. Tekan tombol windos + R secara bersamaan dan ketikkan “gpedit.msc” lalu tekan OK
  2. Pilih Computer Configuration/Administrative Templates/Windows Components/Windows Update
  3. Di bagian Configured Automatic Updates ubah settingan dari Not configured menjadi Disable, kemudian klik Aplly atau OK untuk meyimpan perubahan

Memberhentikan update otomatis windows 10 melalui Metered Connection

  1. Buka Setting/Network & Internet lalu klik nama wifi yang sedang tersambung, kemudian dibagian pilihan Metered Connection, ppilih Set as metered Connection menjadi ON.

Tambahan penting :

  1. Menghentikan lewat update services tidak menutup kemungkinan windows akan update otomatis sendiri dalam waktu tertentu
  2. Mematikan update melalui gpedit tidak bisa dilakukan di windows 10 Home, hanya bisa dilakukan di versi Profesional, Education, Enterprise.
  3. Memberhentikan melalui metered connection hanya bsa dilakukan dijaringan wifi yang terhubung , tidak bisa kamu lakukan di jaringan LAN, kamu harus mengulangi settingannya jika kamu terhubung di koneksi WIFI yang berbeda

 

Kesimpulan : Cara ini berhasil diterapkan di banyak komputer maupun laptop yang saya kerjakan sendiri, tapi tidak menutup kemungkinan tidak berfungsi di komputer maupun laptop kamu , oh iya satu lagi tutorial diatas tidak ada jaminan bisa berfungsi secara permanen , karena saking banyaknya aplikasi yang tersingkron dengan windows itu memungkinkan pihak tersebut menyisipkan fungsi update di aplikasi yang terhubung dengan microsoft.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *