Home / Tip & Trik / Windows / Cara Setting Awal Ms Office 2007

Cara Setting Awal Ms Office 2007

Setelah melalukan instalasi pertama kali Ms Office 2007 , tentunya bila anda memakai setting default pasti ada sesuatu yang dirasa kurang , kali ini admin situs ini akan memberikan cara setting awal Ms Office 2007 , seeting awal ini ditujukan setelah anda melakukan instalasi pertama kali pada laptop atau komputer anda. Seperti aplikasi / software laiinya setelah instalasi awal , pasti ada sesuatu yang perlu diubah dengan gaya anda sendiri , seperti aplikasi Photoshop , CorelDraw , dan beberapa aplikasi laiinya, lalu nanti untuk Ms Office apa saja yang perlu dirubah ? mari kita simak !

Microsoft Office jika anda instal secara default terdiri dari beberapa macam yaitu : Microsoft Office Acces | Microsoft Office Excel | Microsoft Office Groove | Microsoft Office InfoPath | Microsoft Office OneNote |Microsoft Office Outlook | Microsoft Office Power Point | Microsoft Office Publiser | Microsoft Office Word dan satu tambahan Microsoft Office Tool.

Tapi karena saya kali ini ingin fokus ke pengetikan saja , jadi kali ini saya akan fokus ke cara setting Microsoft Office Word 2007 dulu , karena jika saya menjabarkan semua Microsoft Office diatas , saya bisa tidak jadi sarapan hari ini :D. Mari kita langsung saja .

permulaan :

Hal yang pertama anda lakukan adalah masuk ke Word Option (seperti gambar diatas) lalu kita mulai rombak sedikit settingan default dari Microsoft Office Word 2007 .

sebelum saya lanjut saya jelaskan dahulu per kategori . sisi kiri adalah kategori utama seperti : popular , display , proofing , save , advanced dan lain-lain , disetiap kategori utama masih di bagi beberapa setting lagi , mari disimak lagi. kebanyakan dari settingannya nanti anda hanya tinggal memberikan tanda ceklist (centang) , mudah kan .

cara setting :

  • Popular : saya biasanya hanya merubah thema / warna dari Office itu sendiri , settingannya ada di : Color Skeme
  • Display : Ceklist (centang) = “Print Background Colors and Images” berguna bila anda melakukan print out maka gambar atau warna di background ikut tercetak juga
  • Proofing : hilangkan semua cecklist di = Check Spelling As You Type, Use Contextual Spelling, Mark Grammars As You Type, dan Check Grammar With Spelling. Yang berguna untuk mematikan Grammar (ejaan bahasa inggris) saat anda menulis kata
  • Save : rubah sesuai aplikasi office dari teman-teman anda , contoh sebagian teman anda masih memakai Microsoft Office 2013 , berarti anda harus merubah settingan save menjadi Microsoft Office 2013 (contoh)
  • Advanced : Cari dan tandai  “Show teks boundaries” di sub kategori “Show document content” berguna untuk memberikan garis bantu di lembar kerja anda . Di sub menu “display”  cari  ” Show Measurements in Units of”  dan rubah yang awalnya satuan inchi ke centimeter , untuk memudahkan anda setting ukuran margin , kertas , gambar.

Setting tambahan (yang biasa saya pakai mengacu gambar diatas)  :

  • ruler : di halaman View ceklist ruler
  • margin : Page Layout > Margin > Custom (untuk makalah biasa dengan ukuran 4cm atas, 4cm kiri, 3cm bawah, 3cm kanan)
  • Size (ukuran kertas) : model atau type kertas untuk pengetikan standarnya cuma 2 macam yaitu A4 (biasa disebut Quarto)  dan F4 (Folio) , untuk settingan A4 sudah ada di pilihan setting size yaitu : 21 cm X 29,7 cm, tapi untuk F4 belum ada ukurannya jadi anda harus membuatnya sendiri di “more paper size>A4>ubah ukuran 29,7cm menjadi 33cm . karena ukuran F4 adalah : 21cm x 33cm , pengalaman : jika saya setting di ukuran legal ukurannya terlalu panjang.

kesimpulan : beberapa setting diatas adalah settingan yang biasa saya pakai waktu masih bekerja di pengetikan , Setting ini juga tidak sepenuhnya bagus bila anda apply kan di komputer anda , semua tergantung dengan kecocokan anda sendiri , anda juga bisa merubah sesuai gaya anda sendiri . Kemungkinan ada beberapa settingan yang saya lupa , mungkin ada beberapa pembaca yang mau menambahkannya 😀

tambahan : hafalkan settingan , atau copy paste artikel ini ke notepad dan simpan di komputer atau laptop anda jika suatu saat anda ingin mengembalikan settingan ke default , karena saya lihat-lihat dan cari-cari tidak ada tombol untuk mengembalikan ke pengaturan awal , jadi ada 2 cara lagi yaitu melalui regedit dan reinstal , tinggal pilih mana !

About Arman Budiman

Seorang otodidak yang sekedar berbagi pengalaman pribadi

Check Also

Cara Mengunci Folder di Windows

Seperti yang kita tahu kalau hampir semua jenis Laptop atau PC hampir semua menggunakan Windows. …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: