Mencegah Windows 10 Update Dengan Task Manager

By | 18/02/2019

Tidak terasa kemajuan teknologi dan komunikasi begitu cepat. Baru saja merasakan hebatnya Windows 7, kemudian berubah mejadi Windows 8, 8.1, dan Windows 10 dalam satu dekade ini. Tentunya sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft iniĀ  terus melakukan perbaikan dari masa ke masa untuk menjawab kebutuhan jaman. Hingga pada saat windows 10 sekarang ini, kebutuhan akan update tidak dapat dilepaskan dalam sistemnya. Ya, Windows 10 Update.

Windows 10 Update merupakan fitur yang menurut penulis hal yang menjengkelkan, meskipun sedikit. Bagaimana tidak? Koneksi internet adalah hal yang paling krusial yang dibutuhkan oleh Win (baca Windows) Update. Pantas saja kalau mendapat koneksi internet, maka secara langsung Win Update akan taking semua koneksi internet yang sedang connect. Masalah ini menjadi hal utama dalam wilayah penulis yang berada di sekitaran kampus. Pekerjaan dengan koneksi internet terbatas diambil alih Win Update. Belum lagi jika menggunakan Thetering dari ponsel, maka kuota akan hangus dalam waktu cepat. Lain masalah, setelah di Update, harapan solve problem yang ditawarkan dalam list update akan diperoleh, tetapi malah komputer/laptop menjadi lemot. Sering kasus ditemui pada komputer teman penulis dan juga komentar-komentar dari petugas service toko penjualan komputer.

Untuk menanggulanginya, ada sedikit ilmu yang dapat penulis bagikan yaitu kita harus berurusan dengan Task Manager. Aplikasi Administrasi tersebut memegang peranan penting dalam mengendalikan aplikasi yang terlihat maupun berjalan dalam background. Silahkan membaca sambil menikmati hidangan kopi atau air putih agar tidak dehidrasi dalam membaca artikel ini.

Koneksi Internet Kunci Utama

Saat komputer ber-Win 10 terpaut pada koneksi Wifi, maka secara otomatis Win 10 akan memerintahkan Win Update berjalan secara background. Di internet kita bisa mengetahui secara umum mematikan Win Update, seperti mengubah ke metered connection, memilih Win Update untuk tidak secara langsung mendownload konten update an dan lain-lain. Namun, cara-cara tersebut masih bisa ditembus oleh Win Update yang menurut penulis agak gila ini.

Saat mendapatkan koneksi Wifi:

Task Manager Kunci Kedua

Dan kita buka Task Manager, dengan menekan tombol ctrl+shift+esc :

Cari saja program bernama UpdateAssistant (32 bit). Aplikasi background ini akan langsung muncul saat Komputer mendapatkan koneksi internet.

Nah, setelah beberapa menit UpdateAssistant ini nangkring di task manager, maka dengan koneksi internet yang cukup, aplikasi ini akan berubah menjadi Windows 10 Update Assistant (32 bit).

Sudah ketauan kan penyebab windows 10 update terjadi?

Untuk menghancurkan strategi update windows 10 ini, kita perlu Kill Task atau istilah dari End Task aplikasi ini. Klik kanan saja pada program tersebut kemudian End Task. Pembunuhan aplikasi update ini bisa dilakukan sejak ada aplikasi UpdateAssistant (32 bit).

Jadi di Kill lebih awal saat UpdateAssistant (32 bit) muncul lebih bagus. Sebab kalau sudah sampai Windows 10 Update Assitant (32 bit) muncul. Jadinya begini deh:

Mau shutdown harus update dulu, atau:

Pas work pake laptop tiba-tiba datang tulisan ini, kan sedih ….

Oh iya, tambahan informasi. Cara yang digunakan diatas itu digunakan setiap kali komputer di dihidupkan. Jadi kalau komputer di matikan atau direstart, cara tersebut harus diulangi lagi.

Sekian, informasi dari penulis semoga bermanfaat. Terima kasih telah menyimak. Tetap sabar menghadapi Win 10 ya….

Tinggalkan Balasan